Meskipun Bukan Obat Covid-19, Air Kelapa Miliki Segudang Manfaat

Antara, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 612 2440687 meskipun-bukan-obat-covid-19-air-kelapa-miliki-segudang-manfaat-5qvd2V4EWL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

AIR Kelapa memang sempat diklaim menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan Covid-19. Meskipun klaim tersebut masih salah, tapi pada dasarnya air kelapa memang memiliki sederet manfaat.

Nutrisi yang terkandung pada air kelapa terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan imunitas. Tapi, imunitas hanyalah membantu memulihkan tubuh, bukan mengobati penyakit.

Dokter spesialis gizi klinis, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, mengatakan kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa secara macronutrien sebagian besar bentuknya adalah karbohidrat.

Kelapa 94 persen terdiri dari air, 5 persen karbohidrat dalam bentuk glukosa dan fruktosa, 0,02 persen protein dan sebagian kecil sekali lemak. Dari sisi mikronutrien, kandungan yang sangat menonjol pada air kelapa, adalah Vitamin B, yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B7, dan B9.

Air Kelapa

"Kita tahu B9 itu kita kenal sebagai Folat. Ternyata Vitamin B, terutama B6 dan Folat memang sangat berperan pada sistem imun secara keseluruhan," kata dr. Juwalita.

Dokter Juwalita mengatakan, vitamin B6 memiliki banyak manfaat bagi sistem imun. Kemungkinan besar, orang yang mengonsumsi air kelapa mendapat manfaat dari support vitamin yang ada di dalamnya, jadi konsumsi air kelapa bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin B

Vitamin B sendiri memang banyak terlibat dalam seluruh proses enzimatik di dalam tubuh sehingga reaksi kimia pada tubuh banyak didukung oleh vitamin B. Selain itu, dr. Juwalita mengatakan air kelapa juga memiliki kadar elektrolit yang cukup tinggi, karena mengandung kalium dan magnesium.

Kedua unsur tersebut ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kesehatan jantung. Ini berarti membantu mencegah munculnya penyakit penyerta (komorbid) saat seseorang terpapar Covid-19.

"Kemungkinan juga konsumsi air kelapa bisa memberi sugesti positif pada orang yang mengonsumsinya. Semua yang sifatnya sugesti positif terhadap tubuh kita bisa membawa dampak yang baik juga," kata dr. Juwalita.

"Jadi kunci untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat, baik ketika sedang terkena penyakit tertentu atau sekadar menjaga kesehatan, selain menjaga fisik, juga harus menjaga keseimbangan pikiran," lanjutnya.

Menurut dr. Juwalita, kebiasaan baru mengonsumsi air kelapa merupakan hal positif. Banyak sekali benefit dari alam yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Tetapi perlu diingat bahwa tidak ada satu jenis makanan yang lebih unggul daripada makanan lainnya.

Artinya, ketika mengonsumsi makanan dan minuman harus tahu tujuannya atau ingin memenuhi nutrisi yang mana. Jika mau memenuhi kebutuhan vitamin B, air kelapa bisa jadi alternatif.

Yang perlu diingat adalah tetap menjaga variasi makanan dengan prinsip nutrisi seimbang sehingga kebutuhan makronutrien dan mikronutrien dapat tercapai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini