Masak Bareng Inul Daratista, Resep Pesmol Masuk Angin ala Dapur Ngebor!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 298 2441104 masak-bareng-inul-daratista-resep-pesmol-masuk-angin-ala-dapur-ngebor-McO1ZDknl1.jpg Pesmol masuk angin ala Inul Daratista (Foto : Instagram/@dapurngeborofficial)

SOSOK Inul Daratista bisa dibilang merupakan artis multitalenta. Selain pintar bernyanyi dan berjoget, ia juga suka memasak. Masakannya pun cukup kreatif, yakni pesmol masuk angin.

Ya, Inul sendiri menamakan menu tersebut pesmol masuk angin karena menggunakan ikan kembung. Penasaran bagaimana cara Inul membuat masakan tersebut? Yuk simak!

Pertama-tama, Inul melumuri ikan kembung tersebut dengan air asam Jawa. Ini difungsikan sebagai penghilang bau amis yang dihasilkan oleh ikan kembung.

Inul Daratista

"Fungsinya untuk menghilangkan bau yang terlalu nyengat," ujar Inul seperti dikutip dari @dapurngeborofficial MNCTV pada Kamis (15/7/2021).

Setelah selesai dilumuri hingga ke bagian dalam, kemudian Inul pun menggoreng ikan tersebut. Sembari menggoreng, Inul pun membuat bumbu pesmol tersebut.

"Ada 6 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 3 buah cabai keriting, 2 buah kemiri, 1 batang kunyit, garam dan gula secukupnya. Ini dijadikan satu, diuleg," jelasnya.

Baca Juga : Curahan Hati Inul Daratista Takut Kehilangan Mas Adam Gegara Berat Badan 85 Kg

Setelah bumbu sudah halus, Inul pun menumis bumbu tersebut hingga wangi. Setelah wangi, ia memasukkan 1 ruas jahe dan lengkuas, daun salam, daun jeruk purut, juga 1 batang sereh sebagai penghilang bau amis.

Setelah bumbu wangi dan berubah warna, ia menuangkan air dan juga ikan. Karena Inul memiliki selera pedas, ia pun memasukkan beberapa buah cabai rawit.

Selanjutnya, ia juga memasukkan 1 buah tomat yang sudah diiris dan juga daun bawang yang sudah diiris miring. Setelah matang, ia mematikan kompor dan mulai menata pesmol ke dalam mangkuk.

"Nah ini dia pesmol masuk angin buatan bunda Inul di Dapur Ngebor," tukas Inul.

Pesmol Masuk Angin

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini