Makanan yang Pantang Dikonsumsi Selama Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 298 2441279 makanan-yang-pantang-dikonsumsi-selama-isolasi-mandiri-tkMceNZNfN.jpg Gorengan (Foto: Inst Maidoeat)

MENJAGA pola makan selama masa pandemi Covid-19 merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih bagi masyarakat yang dinyatakan positif dan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah, makanan yang bergizi seimbang bisa mempercepat proses penyembuhan.

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K, mengatakan, saat ini ada beberapa jenis makanan yang wajib dihindari dan dikurangi selama masa pandemi Covid-19. Sebab, beberapa makanan ini tanpa disadari bisa memperburuk kesehatan tubuh pasien, dan menyebabkan masyarakat yang sehat jadi rentan terinfeksi Covid-19.

“Memang ada makanan yang harus dihindari selama isoman. Hindari makanan yang meningkatkan inflamasi atau peradangan. Ada kasus sitokin storm (badai sitokin) pada kasus gejala berat di mana terjadi peradangan dalam tubuh yang tinggi,” ungkap dr. Yohan dalam Live Instagram Series Bersama Okezone dan Sindonews ‘Asupan Gizi yang Bantu Sembuh dari Covid-19', Kamis (15/7/2021).

 gorengan

Ia pun menjelaskan sejumlah makanan yang bisa memperburuk pasien Covid-19 yang melakukan isoman, di antaranya adalah makanan cepat saji (fastfood), frozen food, gorengan, dan makanan tinggi lemak lainnya. Menurutnya kondisi kesehatan seseorang akan semakin bertambah parah karena mengonsumsi makanan tersebut.

“Selain itu makanan tinggi gula, seperti kue dan lain-lain. Makanan yang mengandung gula dan tepung akan membuat antibodi menurun dan oksidan dan radikal bebas meningkat. Hindari makanan yang asin, dan MSG untuk mencegah hipertensi. Makanan ini juga bisa menghindari obesitas yang memicu risiko Covid-19. Makanan pedas dan asam juga dihindari karena mengganggu sistem pencernaan yang akan menambah gejala Covid-19,” tambahnya.

Di sisi lain, seseorang juga tidak harus selalu mengonsumsi makanan yang direbus dan dikukus selama masa isolasi mandiri. Sebab sebagian besar penderita Covid-19 tidak bisa membau dan merasakan makanan, jadi harus mengonsumsi makanan yang disukai selama isoman.

“Yang penting gizi seimbang, boleh digoreng tapi ada 1-2 jenis saja. Lebih baik makanan dimasak sendiri dan jangan beli dari luar. Karena makanan dari luar tinggi GGL (Gula, Garam, Lemak),” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini