Parah! Rumah Sakit Ini Salah Transplantasikan Ginjal ke Pasien

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 481 2441096 parah-rumah-sakit-ini-salah-transplantasikan-ginjal-ke-pasien-iMsTQFkHxh.jpg Salah transplantasi ginjal (Foto: Flex jobs)

TINDAK operasi transplantasi adalah salah satu tindakan operasi besar dan penting. Setiap proses tahapannya, termasuk memasukkan organ yang tepat ke pasien yang tepat harus dilakukan dengan teliti dan benar.

Sayangnya, kesalahan fatal justru terjadi dalam proses operasi transplantasi organ di University Hospitals, Cleveland, Ohio satu ini. Mengutip Newser, Kamis (15/7/2021) menurut laporan WKYC, belum lama ini terjadi pemberian transplantasi ginjal kepada pasien yang salah.

 salah transplantasi ginjal

Dalam operasi transplantasi ginjal pada 2 Juli lalu, ginjal yang seharusnya ditujukan untuk pasien A malah berakhir ditransplantasikan kepada pasien B. Pihak rumah sakit menyebutkan, untungnya organ ginjal yang ditanamkan pada pasien B tersebut cocok dengan tubuh sang pasien.

“Ginjalnya kompatibel dan pasien pulih seperti yang diharapkan,” kata George Stamatis, juru bicara University Hospitals.

Namun di sisi lain, pasien A yang seharusnya sudah mendapatkan transplantasi organ ginjal tersebut. Saat ini menurut pernyataan George, operasi transplantasinya menjadi ditunda.

Juru bicara rumah sakit mengungkapkan, kejadian ini tengah diselidiki lebih lanjut. Dua orang staf caregiver yang terkait dengan kejadian tersebut juga sudah dinonaktifkan.

“Sambil menunggu hasil penyelidikan, dua orang caregiver sudah ditempatkan dalam posisi administrative leave. Kami juga telah menyampaikan permintaan maaf yang tulus kepada pasien ini dan keluarganya,” tambah George.

University Hospitals diketahui telah melakukan transplantasi ginjal hampir 200 tahun yang lalu, untuk tahun 2021 ini tercatat sudah melakukan sebanyak 95 operasi transplantasi ginjal. Terkait kejadian ini, pihak rumah sakit disebutkan sudah melapor pada United Network for Organ Sharing, yang mengawasi sistem transplantasi nasional.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini