Tips Menolak Teman Baik yang Jatuh Cinta kepada Anda secara Halus

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 612 2441018 tips-menolak-teman-baik-yang-jatuh-cinta-kepada-anda-secara-halus-m5gQ79XkYV.jpg Menolak cinta teman baik (Foto: Times of india)

MENOLAK cinta seorang teman baik tidaklah mudah, terutama jika Anda dan dia memiliki hubungan yang baik, apalagi dalam satu circle pertemanan.

Sebagai teman baiknya, tentu Anda benar-benar peduli dengan orang tersebut dan tidak berani menolak cintanya dengan kasar.

Jika Anda memang tak memiliki perasaan cinta terhadapnya, ini dapat menyulitkan hubungan Anda berdua. Oleh karena itu, ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menolak teman yang jatuh cinta kepada Anda dengan cara yang lebih sopan dan halus.

pertemanan

1. Jangan menghindar

Anda mungkin ingin menghindarinya sampai perasaan mereka memudar, tetapi ini bisa menyakiti Anda berdua, terutama jika Anda adalah teman baik. Sebaliknya, cobalah berbicara tentang situasinya. Ini mungkin sedikit tidak nyaman, tetapi diskusi yang jujur dapat membantu Anda berdua bergerak maju.

Berhati-hatilah dalam cara Anda mengekspresikan kurangnya minat Anda kepada dirinya. Jujur, tapi dengan cara yang baik dan sopan. Sebutkan hal-hal yang Anda hargai tentang mereka sebelum menjelaskan mengapa Anda tidak memiliki rasa yang sama dengan dirinya.

2. Jangan memberi harapan

Hanya karena Anda sudah berteman lama dengannya, jangan sampai Anda membohongi diri Anda sendiri. Karena tak ingin membuat dia sedih, biasanya seseorang akan berpura-pura bersikap baik seakan tidak terjadi apa-apa.

Padahal, orang yang menyimpan rasa terhadap Anda dapat menyimpulkan bahwa kebaikan yang Anda lakukan adalah bentuk dari rasa cinta terhadapnya. Karenanya, jangan beri harapan palsu.

3. Beri dia ruang

Jika Anda sudah mengetahui perasaannya terhadap Anda, ini saatnya untuk memberi dia ruang. Ada baiknya Anda berdua tidak usah hangout untuk sementara waktu. Anda juga tidak boleh terlalu sering mengiriminya pesan.

Biarkan dia berpikir tentang perasaannya terhadap Anda. Ini juga berfungsi sebagai sinyal untuknya bahwa Anda tidak memiliki perasaan yang sama dengannya.

4. Perjelas penolakan Anda

Jika semua cara halus di atas tidak berhasil, ini saatnya membuatnya sadar bahwa Anda jelas tidak tertarik padanya. Anda mungkin tidak ingin menyakiti perasaan mereka, namun penolakan halus terkadang ambigu dan dapat mendorong mereka untuk terus mencoba.

Memperjelas bahwa Anda tidak memiliki rasa cinta padanya saat ini dapat membantu mencegah rasa sakit dan frustrasi di kemudian hari bagi Anda berdua. Berikut kata-kata yang dapat Anda gunakan.

"Kamu penting bagiku dan aku menghargai waktu yang kita habiskan bersama, tapi aku hanya melihatmu sebagai teman."

“Aku tidak tertarik padamu secara romantis, tapi aku ingin tetap berteman baik. Bagaimana kita bisa membuatnya berhasil?”

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini