Paru-Paru Basah, Pneumonia, dan Covid-19 Apa Hubungannya Sih?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 481 2441573 paru-paru-basah-pneumonia-dan-covid-19-apa-hubungannya-sih-8R0YYZfXpP.jpg Podcast Kata Dokter (Foto: Ist)

Halo semua, merapat yuk! Podcast Kata Dokter  bersama dr. Nadia balik lagi nih bukan cuma buat menghibur, tapi juga untuk memberikan banyak tips dan info seputar kesehatan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Di episode kali ini, dr. Nadia akan membahas tentang sebuah anggapan yang banyak berkembang di masyarakat, yaitu tentang olahraga malam yang katanya bisa bikin kita terkena paru-paru basah! Mau tahu akan gimana penjelasannya? Yuk langsung dengerin di RCTI+.

Di masyarakat Indonesia, banyak banget anggapan-anggapan tentang kesehatan yang seringkali kita pun nggak tau asalnya dari mana, tapi tetap setuju saja. Salah satu contoh anggapan tersebut adalah tentang olahraga malam yang dianggap bisa membuat terkena paru-paru basah. Nah, selain olahraga malam yang ‘katanya’ bisa menjadi penyebab paru-paru basah, kira-kira apa saja ya penyebab lainnya? Apa virus Covid-19  termasuk?

 Podcast Kata Dokter

Menurut dr. Nadia, paru-paru basah merupakan keadaan ketika paru-paru terisi oleh suatu cairan . Salah satu hal yang menyebabkan adanya cairan dalam paru-paru ini adalah pneumonia. “Pneumonia adalah gejala yang biasanya seperti batuk kronis, yang bisa disebabkan oleh bakteri, jamur, dan lain lain,” ucap dr. Nadia.

Pneumonia ini ternyata cukup sering terjadi ketika orang memiliki sistem kekebalan tubuh  yang lemah. Lebih lagi, pneumonia juga bisa disebabkan oleh virus, termasuk virus yang lagi banyak beredar sekarang ini. “Pneumonia juga bisa disebabkan sama virus, termasuk virus yang lagi terjadi di tengah pandemi, yaitu virus Covid-19,” ujar dr. Nadia.

Penasaran dengan penjelasan lainnya dari dr. Nadia? Dengarkan selengkapnya hanya di RCTI+ .

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

• Website: https://www.rctiplus.com/

• Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/

• Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus

• Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/

• Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in

• App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini