Varian Covid-19 Meresahkan, Konsumsi 3 Herbal Ini Bantu Jaga Imunitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 481 2441624 varian-covid-19-meresahkan-konsumsi-3-herbal-ini-bantu-jaga-imunitas-qJ7jqQj5Os.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

PANDEMI Covid-19 yang semakin meningkat di Indonesia membuat banyak masyarakat dengan gejala ringan maupun tanpa gejala melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Tentunya selama masa isolasi, diperlukan asupan makanan bergizi, vitamin dan asupan nutrisi herbal yang bisa menjaga dan memperkuat imunitas tubuh dalam melawan infeksi virus.

Sebagaimana diketahui, Indonesia terkenal dengan aneka herbalnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah herbal tertentu tentunya bisa dipergunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama masa isoman. Selain berkhasiat, herbal juga berasal dari tumbuhan alami sehingga cenderung aman untuk dikonsumsi.

Herbal

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, M.Si. menjelaskan beberapa herbal yang tersedia tak sedikit mengandung Imunomodulator yang baik untuk tubuh. Imunomodulator adalah zat yang berfungsi untuk memodifikasi respon imun terhadap antigen yang mengancam kesehatan, baik dari dalam tubuh maupun luar tubuh.

“Imunomodulator ini bekerja dengan menstimulasi mekanisme pertahanan spesifik dan non-spesifik. Selain itu, imunomodulator juga berperan sebagai imunostimulan, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh.Konsumsi imunomodulator untuk tingkatkan daya tahan tubuh sangat penting, terlebih saat ini muncul beberapa varian baru COVID-19 yang lebih mudah menular,” kata dr, Inggrid, dalam siaran pers yang diterima MNC Portal, Jumat (16/7/2021).

Baca Juga : Makin Seksi, Gaya Vanessa Angel Temani Anak Jalan Pagi Bikin Salfok

Dokter Inggrid menambahkan bahwa Masyarakat bisa mendapatkan zat imunomodulator melalui konsumsi herbal meniran, daun kelor dan kunyit, baik dalam bentuk segar maupun produk siap minum. Sebab, meniran terbukti secara ilmiah sebagai imunostimulan yang berfungsi meningkatkan sistem imun, sementara daun kelor kaya akan nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Selain itu kunyit juga memegang peranan untuk membantu memelihara sistem saluran pencernaan sehingga membantu penyerapan nutrisi lebih baik. Konsumsi imunomodulator alami dari ketiga herbal tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang dan tanpa batas durasi maksimal. Pasalnya meniran, daun kelor dan kunyit secara umum tidak memiliki kontra indikasi yang membahayakan tubuh,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini