Semprot Disinfektan di Jalan, dr Tirta: Buang-buang Anggaran Lebih Baik Digunakan untuk Hal Bermanfaat

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 09:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 612 2441481 semprot-disinfektan-di-jalan-dr-tirta-buang-buang-anggaran-lebih-baik-digunakan-untuk-hal-bermanfaat-1ALwOtNOSu.jpg Dokter Tirta. (Foto: Youtube)

DOKTER Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, salah satunya melalui YouTube.

Sebelumnya dr. Tirta sempat membahas tentang kasus Covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu Corona varian Delta. Ia pun mengingatkan penonton untuk tidak panik dan fokus menjaga kesehatan diri dan keluarga.

Kali ini ia kembali mengangkat isu yang heboh di masyarakat yaitu berita hoax atau berita bohong yang beredar mengenai virus corona. Video sebelumnya yang membahas hoax pun sempat trending #5 di YouTube Indonesia.

Hal pertama yang dibahasnya kali ini adalah penyemprotan disinfektan di ruang terbuka seperti di jalanan yang kurang efektif. dr. Tirta mengungkapkan bahwa tindakan tersebut sampai dibahas oleh dokter luar negeri bernama Faheem Younus, MD. 

Dokter Tirta

Ia juga menyebutkan bahwa World Health Organization telah mengeluarkan pernyataan bahwa penyemprotan disinfektan sebaiknya hanya digunakan untuk permukaan-permukaan dan ruangan indoor dengan ventilasi buruk.

WHO juga menyebutkan bahwa penyemprotan disinfekan tidak dianjurkan di jalanan dan tempat umum karena tidak bermanfaat.

“Ini membuang-buang anggaran, lebih baik digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, misal bagi masker atau membagikan uang atau makanan” tutur dr. Tirta.

Selanjutnya ia juga membahas hoax mengenai isu pasien ‘dicovidkan’, pasien meninggal di rumah sakit, obat Ivermectin, dan lain sebagainya. Yuk saksikan selengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini