Hindari Panic Buying, Masyarakat Cukup Belanja dari Rumah

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 612 2441807 hindari-panic-buying-masyarakat-cukup-belanja-dari-rumah-FoC2IbPxvG.jpg Hindari panic buying (Foto: MNC Media)

FENOMENA panic buying kerap terjadi di masa krisis seperti pada saat pandemi saat ini. Belum lama ini, warga masyarakat di beberapa tempat berebut membeli susu kaleng dengan merek tertentu yang dianggap ampuh mengatasi virus. Sebelumnya, sejumlah APD dan obat-obatan tertentu juga lenyap dari pasaran setelah diborong warga di tempat lain. Tindakan panic buying tentu dapat menimbulkan masalah baru.

Psikolog klinis dewasa dari Universitas Indonesia Mega Tala Harimukthi mengatakan, panic buying dapat terjadi akibat kesalahan informasi dan aksi preventif berlebihan. Pencegahan yang dilakukan masyarakat justru keliru.

"Kalaupun mau preventif, tidak perlu sampai harus memborong, cukup beli sesuai kebutuhan," kata Tala dikutip dari Okezone (10/07/2021).

Belanja

Pembelian secara impulsif ini tentu akan menyebabkan masalah. Belanja tanpa berpikir panjang dan memborong padahal sedang tidak membutuhkan barang yang diborong itu justru akan menyebabkan kelangkaan. Kelangkaan yang terjadi akhirnya membuat harga produk melambung tinggi dan jelas merugikan banyak pihak, terutama bagi mereka yang membutuhkan.

Deputy Chief Operating Officer AladinMall, Vicky Irawan pun menyayangkan sikap sebagian masyarakat yang terlibat dalam kepanikan tersebut.

“Panic buying memang sangat meresahkan. Kami berharap agar masyarakat tetap tenang dan membeli sesuatunya sesuai kebutuhan,” ujar Vicky pada Rabu (15/07/2021).

Beberapa cara bisa dilakukan masyarakat agar tidak terjebak dari fenomena panic buying ini. Mulai dari menyaring informasi, membuat daftar barang yang dibutuhkan dan berbelanja secara online dari rumah.

AladinMall, sebagai bagian dari Mister Aladin, e-commerce di bawah naungan MNC Group, yang menyediakan kebutuhan harian dan perjalanan mendorong masyarakat menghindari panic buying dengan berbelanja dari rumah.

Baca Juga : Bra Wulan Guritno Menerawang dari Balik Busana Transparan, Gayanya Makin Hot!

Anda bisa menemukan berbagai macam produk di AladinMall dengan harga terjangkau. Mulai dari makanan, minuman, suplemen, obat-obatan hingga peralatan rumah tangga.

“Dengan berbelanja dari rumah, masyarakat diharapkan bisa menyortir barang apa saja yang dibutuhkan sehingga tidak menimbulkan kepanikan dalam berbelanja. Selain itu, masyarakat juga bisa menghemat uang belanja melalui promo Kebutuhan Rumah Lebih Murah yang ada di AladinMall,” tambah Vicky.

Melalui promo Kebutuhan Rumah Lebih Murah, AladinMall memberikan diskon spesial bagi Anda yang ingin membeli perlengkapan rumah tangga. Berbagai produk dari MSHOP bisa Anda dapatkan dengan potongan harga hingga 90%. Promo ini berlaku sampai 20 Juli 2021. Untuk melihat pilihan produk lengkap yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi laman https://www.misteraladin.com/aladinmall/category/supermarket/mshop-1660.

#MisterAladin #SemuaAdadiSini #DiskonBelanja #BelanjadariRumah #PanicBuying

Tentang Mister Aladin

Diluncurkan pada November 2015 dan berada di bawah naungan MNC Group, Mister Aladin adalah perusahaan berbasis online yang memulai perjalanannya sebagai penyedia kebutuhan traveling, seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta, tur, dan aktivitas. Sekarang, Mister Aladin memperluas jenis usahanya dengan menyediakan kebutuhan harian, seperti bahan pangan dan perlengkapan rumah tangga. Melalui beragam produk ini, Mister Aladin terus berusaha untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dengan menjadi one-stop shopping platform. Info lebih lanjut mengenai Mister Aladin, silakan kunjungi www.misteraladin.com atau download aplikasi Mister Aladin di Google Play Store atau App Store. Ikuti juga Mister Aladin di media sosial: Facebook (@MisterAladin), Twitter (@misteraladinid), Instagram (@misteraladin), dan TikTok (@misteraladin.id).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini