Banyak Anak-Anak Terpapar Covid-19 dari Kluster Keluarga

Antara, Jurnalis · Jum'at 16 Juli 2021 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 16 612 2441870 banyak-anak-anak-terpapar-covid-19-dari-kluster-keluarga-iLFvtN7XMP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TREN kasus Covid-19 pada anak memang mengalami meningkat, seiring dengan tingginya kasus Covid-19. Memang, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan tingkat kematian anak paling tinggi.

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DKI Jakarta Prof. DR. dr. Rini Sekartini, SpA (K) mengatakan, tingginya kasus Covid-19 pada anak terjadi lantaran berasal dari kluster keluarga.

“Saat ini penyebaran kasus lebih banyak dari kluster keluarga, sehingga memudahkan penyebaran kasus Covid-19 pada anak,” jelas Rini

Merujuk data pemantauan Covid-19 di DKI Jakarta ada 4.090 kasus positif yang dialami kelompok usia kurang dari 1 tahun, 16.019 kasus pada kelompok usia 1-4 tahun, dan 72.022 kasus pada kelompok usia 5-18 tahun.

Rini mengatakan pada saat ini perlindungan keluarga yang diperlukan adalah penerapan protokol kesehatan untuk orangtua dan anak.

“Yang penting adalah menjalankan prokes terutama bagi orang dewasa atau anak yang keluar rumah karena ada kepentingan. Sampai di rumah benar-benar harus bersih,” tambahnya.

Oleh karena itu, dia melihat imunisasi Covid-19 pada anak memiliki penting dilakukan. Pasalnya, vaksin ini berfungsi yang sama dengan imunisasi dengan vaksin lain, yaitu untuk merangsang pembentukan antibodi di dalam tubuh anak.

Rini juga menekankan bahwa sebelum vaksinasi anak harus dalam kondisi sehat, tidak sedang sakit, dan tidak sedang terpapar Covid-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini