Vaksin Covid-19 Disebut Picu Masalah Antibodi? Ini Kata Dokter

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 481 2442149 vaksin-covid-19-disebut-picu-masalah-antibodi-ini-kata-dokter-jAl7BVp7ve.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Rawpixel/Freepik)

KASUS covid-19 di Tanah Air makin memprihatinkan. Hal ini tambah parah dengan masih banyak beredar kabar menakutkan di tengah masyarakat. Salah satunya yang menyebutkan vaksin covid-19 berbahaya dan dapat menyebabkan Antibody Dependent Enhancement (ADE) atau peningkatan ketergantungan antibodi. Apakah kabar tersebut fakta atau hoaks belaka?

Baca juga: Cek Fakta: Benarkah Pasien Covid-19 Meninggal karena Interaksi Obat? 

Influencer kesehatan sekaligus dokter relawan covid-19 Muhammad Fajri Adda'i menegaskan kabar vaksin covid-19 berbahaya adalah tidak benar. Dalam unggahan video di akun Instagram-nya @dr.fajriaddai, ia menjelaskan secara detail mengenai ADE yang belakangan ini ramai dibahas masyarakat.

Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Mdjaff/Freepik)

"ADE adalah peristiwa di mana antibodi sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh yang seharusnya menetralisasi virus yang masuk malah membantu virus lebih mudah menginfeksi sel-sel tubuh," terang dr Fajri, seperti dikutip MNC Portal, Sabtu (17/7/2021).

Baca juga: Cek Fakta: Kumur Air Garam dan Minum Air Hangat Bunuh Virus Corona 

Lebih lanjut ia memastikan hingga saat ini tidak ada ADE yang terjadi akibat vaksin covid-19 jenis apa pun, baik saat uji klinis maupun ketika diberikan ke masyarakat umum, dengan total 3,29 miliar dosis. Sehingga, potensi bahaya dalam wujud ADE tersebut sejauh ini hanya dalam bentuk teori dan tidak ada bukti kejadiannya.

"Kesimpulannya, potensi vaksin covid-19 berbahaya karena adanya fenomena ADE sejauh ini baru sebatas teori. Hingga saat ini ADE tidak ditemukan saat penelitian serta saat pemberian vaksin ke masyarakat luas," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini