Evaluasi PPKM Darurat, Wamenkes: Keterisian Tempat Tidur RS Mulai Stabil

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 481 2442269 evaluasi-ppkm-darurat-wamenkes-keterisian-tempat-tidur-rs-mulai-stabil-hpc5TtfaDe.jpeg Wamenkes Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Sindo)

WAKIL Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menyampaikan evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat Covid-19. Dalam konferensi pers virtual, ia memberikan kabar baik yakni bed occupancy ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit sudah mulai stabil di wilayah DKI Jakarta.

Ia menegaskan kondisi keterisian tempat tidur rumah sakit yang mulai rata ini mungkin diakibatkan oleh penambahan tempat tidur yang cukup signifikan dan angka pasien yang masuk ke rumah sakit. Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu pemerintah memang melakukan penambahan tempat tidur sebanyak 1.000 unit di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

Baca juga: Psikolog: Breaktime saat Pandemi Covid-19 Bisa Jaga Kesehatan Mental 

"Tempat tidur isolasi ini kerja sama antara Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Agama, dan dengan BUMN. Kami juga akan menambahkan 300 tempat tidur di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dan sekira 300–400 tempat tidur lagi di beberapa rumah sakit di Jakarta," terang Wamenkes Dante, Sabtu (17/7/2021).

Info grafis PPKM Darurat. (Foto: Okezone)

Selain BOR rumah sakit yang sudah mulai stabil, ia juga memberikan update mengenai perkembangan vaksinasi covid-19. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kemenkes akan mempercepat dengan memperpendek stok vaksin. Saat ini stok vaksin yang dimiliki pemerintah sekira 74 juta dosis vaksin di seluruh daerah.

Baca juga: Makan Bawang Putih Langsung Bisa Sembuh dari Covid-19? Ini Faktanya 

"Sampai saat ini sudah disuntikkan sebanyak 50 juta dosis untuk 41 juta orang yang disuntik pertama. Jadi masih ada sekira 18 juta dosis yang terdistribusi stoknya di seluruh Tanah Air. Kita sudah kedatangan bahan baku vaksin yang cukup. Untuk akhir Agustus 2021 sekira 30 juta dosis vaksin kembali," lanjutnya.

Dalam penjelasannya tersebut, Wamenkes Dante menekankan kembali agar masyarakat memakai masker dan menghindari kerumunan apa pun. Ia berharap apa yang dikerjakan melalui PPKM Darurat ini akan menjadi suatu hal yang menjadi integrasi antara peran serta masyarakat dan komitmen dari pemerintah.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini