Cek Fakta: Varian Delta Covid-19 Bisa Menular Lewat Makanan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 17 Juli 2021 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 17 612 2442140 cek-fakta-varian-delta-covid-19-bisa-menular-lewat-makanan-37AWqGBQbx.jpg Ilustrasi beredar kabar Varian Delta Covid-19 bisa menular lewat makanan. (Foto: Freepik)

PANDEMI covid-19 yang makin bertambah parah di Indonesia membuat banyak orang menjadi khawatir dan bahkan ketakutan. Hal ini disebabkan munculnya mutasi baru Varian Delta yang dikonfirmasi dapat menularkan virus corona antar-manusia di bawah 1 menit.

Kemudian ada kabar yang beredar, varian baru virus corona ini juga bisa menular lewat makanan, apakah benar?

Baca juga: Cek Fakta: Benarkah Pasien Covid-19 Meninggal karena Interaksi Obat? 

Dirangkum dari unggahan akun Instagram Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) @bpom_ri, Sabtu (17/7/2021), diungkapkan bahwa informasi ataupun kabar terkait persebaran covid-19 melalui makanan memang banyak beredar. Namun, apakah hal tersebut benar? Atau, hanya hoaks?

Ilustrasi Varian Delta Covid-19. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

Menurut BPOM, belum ada bukti yang menyatakan covid-19 dapat menyebar melalui makanan. Penularan dari droplet di penganan bisa terjadi ketika tangan seseorang menyentuh muka, mata, dan hidung.

Sebagaimana diketahui, virus corona menyerang saluran pernapasan dan tidak dapat berkembang biak dalam makanan karena membutuhkan inang atau jaringan hidup.

Baca juga: Cek Fakta: Kumur Air Garam dan Minum Air Hangat Bunuh Virus Corona 

Penularan penyakit pada pangan dapat terjadi apabila:

1. Pangan matang disajikan tanpa penutup.

Maka itu, pilihlah makanan matang atau siap konsumsi yang tertutup dengan baik.

2. Tidak mencuci tangan ketika hendak mengonsumsinya.

Cuci tangan sebelum makan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah terjadinya penularan penyakit lewat penganan.

3. Makanan tidak diolah secara aman.

Sebagaimana diketahui, ada lima kunci utama dalam keamanan pangan. Masing-masing adalah (1) Menjaga kebersihan, (2) Pisahkan makanan matang dari makanan mentah, (3) Masaklah dengan saksama, (4) Jaga makanan pada suhu aman, (5) Gunakan air dan bahan baku yang aman.

Selain menjaga kebersihan penganan, tetap menjalankan protokol kesehatan 6M juga penting dilakukan: (1) Memakai masker, (2) Menjaga jarak, (3) Mencuci tangan dengan benar, (4) Mengurangi mobilitas, (5) Menjauhi kerumunan, dan (6) Menghindari makan bersama.

Baca juga: Cuci Hidung dengan Cairan NaCl, Bisakah Bunuh Virus Corona? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini