Kasus Covid-19 Melonjak, Alissa Wahid: Testing Belum Stabil

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 18 Juli 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 18 481 2442353 kasus-covid-19-melonjak-alissa-wahid-testing-belum-stabil-iipXdzozlT.jpg Alissa Wahid (Foto : Instagram/@alissa_wahid)

KOORDINATOR Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid angkat bicara terkait angka positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Menurutnya, sistem testing untuk menekan penularan ini masih belum stabil.

"Angka di Indonesia masih menyedihkan. Di atas 50 ribu setiap hari itu sudah beberapa hari terakhir ada turun terus naik lagi. Mungkin dari testing kita yang belum stabil," katanya saat webinar Optimis Indonesia Pulih bersama Simposium Covid-19 HF Indonesia, HF USA, dan Gusdurian Indonesia, Sabtu malam (17/7/21).

Alissa Wahid

(Foto : Instagram Alissa Wahid)

Ia melanjutkan, ditambah lagi dengan angka kematian akibat Covid-19 juga menyusul tinggi. Menurutnya, hal itu pun kasus yang terlaporkan. Sementara masih ada sebagian yang tidak melaporkan, akhirnya tidak tertolong dan meninggal dunia.

"Itu pun kematian yang terlaporkan, di mana mereka posisi dalam tidak sempat periksa, begitu sakit ada gejala-gejala Covid-19, itu juga cukup banyak terjadi," ujar Putri Presiden ke-5 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu.

Baca Juga : Satgas Relawan Covid-19 Sediakan Layanan Psikologi dan Ambulans Gratis, Ini Caranya

Selain itu, menurutnya fasilitas kesehatan juga sudah tidak lagi memadai. Tak sedikit tenaga kesehatan (nakes) yang ikut terpapar, bahkan meninggal dunia akibat Covid-19.

"Jumlah pasien yang banyak, kebutuhan oksigen pun semakin tinggi. Sehingga oksigen cepat habis," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini