Rayakan Idul Adha, Intip Resep Sate Maranggi Empuk ala Chef Devina Hermawan

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 298 2442856 rayakan-idul-adha-intip-resep-sate-maranggi-empuk-ala-chef-devina-hermawan-UHKW98kO0N.jpg Sate Maranggi ala Chef Devia (Foto : YouTube/Devina Hermawan)

PERAYAAN Idul Adha tahun ini siap dirayakan mulai malam ini hingga esok, Selasa 20 Juli 2021. Merayakan Idul Adha semakin semarak dengan sajian hidangan olahan daging sapi atau kambing yang nikmat, disantap bersama keluarga.

Salah satu menu andalan saat Hari Raya Qurban adalah sate-satean. Nah, untuk Idul Adha kali ini kenapa tak coba yang sedikit berbeda dari biasanya, dengan membuat hidangan sate Maranggi yang enak, gurih dan empuk alami tanpa penggunaan pengempuk ala Chef Devina Hermawan.

Bagaimana resepnya? Merangkum akun Youtube Chef Devina Hermawan, Senin (19/7/2021) berikut ulasan singkat resep sate Maranggi yang empuk alami lezat dicocol dengan sambal tomat segar. Selamat mencoba!

Sate Maranggi ( untuk 12 tusuk)

Sate Maranggi

Bahan yang diperlukan;

300 gram daging has dalam;

Bumbu halus:

6 siung bawang putih;

10 siung bawang merah;

3 sentimeter lengkuas, iris;

2 sendok teh ketumbar, sangrai;

3 sendok makan air asam jawa, bisa diganti dengan jeruk nipis;

4 sendok makan kecap manis;

1 sendok makan gula merah;

1 sendok teh garam;

1 sendok teh merica;

½ sendok teh kaldu jamur;

Baca Juga : Tips Bikin Daging Kurban Empuk ala Restoran, Gampang Banget Bun!

Sambal tomat:

2 buah tomat;

5 cabai rawit merah;

15 cabai rawit hijau;

1 siung bawang putih;;

3 siung bawang merah;

2 buah jeruk limau;

½ sendok teh garam;

1 sendok teh gula;

Cara memasak;

1. Iris miring daging seukuran jari telunjuk dan membelah serat, agar daging menjadi lebih empuk.

2. Blender semua bahan bumbu halus hingga benar-benar halus, tuang ke dalam daging aduk merata. Lalu marinasi daging terlebih dahulu, selama 1 sampai 2 jam;

3. Setelah dimarinasi, tusuk daging menggunakan tusuk sate yang sudah direndam terlebih dahulu, tusuk daging dengan arah zig-zag seperti dijahit.

4. Panaskan panggangan, oles dengan sedikit minyak atau lemak sapi. Panggang kedua sisi sate sambil sesekali dioles dengan sisa bumbu halus, panggang sate dengan tingkat kematangan sesuai selera;

5. Untuk membuat sambal tomat, ulek bawang putih dan garam hingga halus. Tambahkan cabai rawit merah dan hijau ulek hingga halus, lalu tambahkan irisan tomat, bumbui dengan gula, beri perasan jeruk limau, aduk sampai rata;

6. Sajikan sate maranggi dengan sambal tomat, irisan bawang merah, jeruk limau, dan kecap manis.

Tips:

*Potong daging di bagian tengah secara diagonal, untuk mendapatkan bentuk yang proporsional.

*Jika ada bagian atas daging yang terlalu gosong, bisa dihilangkan dengan cara digunting-gunting bagian yang berwarna terlalu hitamnya.

*Daging TIDAK disarankan dicuci karena merubah rasa dan bisa jadi lebih cepat basi atau rusak. Maka dari itu, pastikan daging sudah steril dan higienis sebelum diolah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini