Alasan Perokok Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 481 2443023 alasan-perokok-lebih-rentan-terinfeksi-covid-19-xy7IKiwShC.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

SITUASI pandemi Covid-19 di Tanah Air semakin memprihatinkan. Bahkan beberapa hari lalu Indonesia sempat menempati peringkat satu kasus baru Covid-19 terbanyak di dunia. Kala itu pecah rekor dengan 54 ribu kasus dalam sehari.

Selain itu Indonesia juga menempati posisi dua dunia peningkatan kematian terbanyak dengan 6.432 kasus dalam kurun waktu satu minggu. Tingkat kematian Indonesia yang cukup tinggi ini tanpa disadari berpengaruh dari gaya hidup masyarakat yang kurang sehat yakni kebiasaan merokok.

Perokok

Merangkum dari laman Instagram resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku. Senin (19/7/2021), perokok memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kasus yang parah bila terkonfirmasi positif Covid-19. Sebab, tembakau dan segala jenis rokok termasuk rokok elektronik dan mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga : Chef Arnold Bongkar Sosok Tangan Misterius di MasterChef : Itu Tangan 'Si Merah'

Sebagaimana diketahui kebiasaan merokok akan berpegaruh terhadap kondisi kesehatan sistem pernapasan seseorang, khususnya paru-paru. Di sisi lain Covid-19 adalah infeksi penyakit yang juga menyerang sistem pernapasan manusia yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Saat ini varian virus Covid-19 semakin bertambah dan sudah menyebar ke seluruh dunia.

Dalam unggahan tersebut, Satgas Perubahan pelaku menjelaskan alasan mengapa seorang perokok lebih rentan terinfeksi Covid-19. Terdapat tiga hal utama yang menjadi penyebab utamanya, diantaranya:

1. Bahan kimia pada rokok elektronik bersifat karsinogenik dan merusak saluran napas.

2. Nikotin pada rokok menurunkan sistem kekebalan tubuh.

3. Perokok yang terinfeksi Covid-19 lebih membutuhkan ventilator dan ruang ICU.

Oleh sebab itu, masyarakat yang masih aktif merokok di masa pandemi Covid-19, diimbau untuk segera berhenti supaya tetap aman. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, berolahraga, dan konsumsi makanan yang bergizi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini