Dokter Ungkap 3 Fakta Oseltamivir yang Disebut 'Obat Setan'

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 481 2443065 dokter-ungkap-3-fakta-oseltamivir-yang-disebut-obat-setan-WMRTD2RZyX.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

BELUM lama ini beredar kabar yang menyebut Oseltamivir sebagai obat setan yang berbahaya dan bisa merenggut nyawa manusia. Kabar ini beredar di masyarakat setelah revisi mengenai Panduan Tatalaksana Pengobatan Covid-19 dari Lima Organisasi Profesi terkait dengan pengguaan Oseltamivir dan Azitromicin kepada pasien Covid-19 diumumkan. Dalam pernyataan tersebut disebutkan bahwa baik Oseltamivir dan Azitromisin tidak lagi diberikan kepada pasien Covid-19.

Melihat hal tersebut, Influencer Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i menegaskan bahwa kabar tersebut adalah hoax. Kabar tersebut tidak benar adanya karena tidak dilengkapi dengan bukti-bukti ilmiah terkait dengan keamanan dan kekhasiatan Oseltamivir dalam menyembuhkan penyakit.

“Salah apabila ada anggapan bahwa Oseltamivir adalah obat berbahaya, menyebabkan kematian, bahkan tidak memberikan manfaat bagi pasien Covid-19,” kata dr. Fajri, dalam kaun Instagram-nya @dr.fajriaddai, Senin (19/7/2021).

Oseltamivir

Dalam unggahan tersebut, dr. Fajri juga menjelaskan alasan mengapa muncul kabar tidak mengenakkan terkait dengan Oseltamivir yang sebelumnya sering digunakan sebagai obat terapi dalam pengobatan Covid-19 untuk pasien dengan gejala ringan.

1. Netizen tersebut berkata seperti itu karena mengalami pusing berputar dan mual, bisa merenggut nyawa dan berbahaya.

Berdasarkan FDA Amerika, keluhan mual muntah dan pusing berputar adalah efek samping yang paling sering dirasakan oleh pasien yang meminum Oseltamivir dan keluhan tersebut cenderung ringan serta sering dirasakan dalam 2 hari pertama meminum Oseltamivir. Keluhan tersebut juga bisa diringankan dengan meminum obatnya bersama dengan makanan.

Baca Juga : Oseltamivir Disebut Obat Setan, Ini Kata Dokter

2. Netizen tersebut mengatakan bahwa Oseltamivir adalah obat flu burung dan flu babi.

Oseltamivir memang merupakan obat yang digunakan untuk influenza, serta dapat menjadi pilihan obat untuk flu burung dan flu babi. Namun, obat ini juga punya tempatnya sendiri dalam penanganan Covid-19.

Oseltamivir diberikan pada awal penanganan Covid-19 karena sulitnya membedakan gejala pasien yang terkena Covid-19 dan yang terkena influenza. Saat ini Oseltamivir juga masih diberikan pada pasien Covid-19 yang diduga juga terinfeksi oleh virus influenza (koinfeksi), yaitu ada sekitar 50-57%. Oleh karena itu, pemberian Olsetamivir diharapkan dapat mengurangi keparahan penyakit yang dialami.

3. Netizen tersebut mengatakan bahwa Oseltamivir adalah obat setan, berbahaya, dan bisa merenggut nyawa

Secara umum, keluhan mual muntah dan pusing berputar setelah pemberian Oseltamivir termasuk keluhan umum dan cenderung ringan sehingga tidak berbahaya dan tidak merenggut nyawa seperti yang dinarasikan di video tersebut.

Jika ada pasien Covid-19 yang meminum Oseltamivir kemudian meninggal, hampir bisa dipastikan penyebab meninggalnya adalah progresivitas dari infeksi Covid-19 bukan efek samping obat, kecuali ada investigasi khusus yang menyimpulkan penyebab meninggalnya adalah obat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini