Filosofi Lambang Garuda Jersey Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 612 2443035 filosofi-lambang-garuda-jersey-atlet-indonesia-di-olimpiade-tokyo-2020-cbmXxgEw4U.jpg Indonesia Badminton Team (Foto : Instagram/@liningindo)

PARA atlet Indonesia yang terpilih mewakili Tanah Air untuk berkompetisi di ajang Olimpiade Tokyo 2020 sudah tiba di Tokyo, Jepang.

Untuk penampilan, semua atlet tim nasional Indonesia diketahui akan hadir dengan mengenakan jersey warna kombinasi dominasi merah dan putih dari lini apparel LI-NING dengan atribut lengkap dengan logo baru, yakni lambang burung Garuda yang tersemat di bagian dada sebelah kiri.

Logo sebelumnya yakni obor dan tameng khas Dayak. Seperti yang terlihat pada seragam atlet nasional Indonesia untuk Asian Games 2018.

Timnas Indonesia

Disebutkan oleh Riki, Pejabat perwakilan Komite Olimpiade Indonesia untuk ajang kelas internasional dunia tertinggi seperti Olimpiade ini, logo yang baru tersebut memang sengaja ingin ditampilkan.

“Filosofinya Garuda di Dadaku itu lekat dengan tim nasional Indonesia di berbagai kompetisi baik single atau multi event. Semangat Garuda di Dadaku inilah yang ingin kita kembalikan lewat logo ini. Masukan dari para stakeholder juga, lambang merah putih dan Garuda, untuk dongkrak semangat timnas,” kata Riki dalam konferensi pers Launching Logo dan Seragam Tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Senin (19/7/2021).

Timnas Indonesia

Riki menambahkan, logo baru pada jersey seragam atlet tim nasional Indonesia ini juga selaras dengan ketentuan yang ditetapkan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

“Bahwa sebetulnya ada ketentuan dari IOC, yang mewajibkan adanya identitas dari setiap negara untuk logo yang dipakai di tim nasionalnya,” tambahnya.

Baca Juga : Chef Arnold Bongkar Sosok Tangan Misterius di MasterChef : Itu Tangan 'Si Merah'

Dari sisi atlet, diungkapkan pebulutangkis papan atas, Liliyana Natsir, gaya penampilan yang mumpuni nyatanya memang jadi suntikan semangat tersendiri bagi para atlet ketika bertanding, apalagi di ajang internasional seperti Olimpiade.

“Kalau pakai jersey keren, atributnya keren, jersey Indonesia ciri khasnya merah putih. Lagi jalan itu kita kebanggaan lah. Tidak perlu lihat benderanya, orang sudah tahu kalau ini Indonesia. Membangkitkan semangat kita juga sebagai atlet, di lapangan atau luar lapangan pasti jadi lebih percaya diri,” pungkas Liliyana.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini