Manjakan Keluarga dengan Olahan Ayam Kekinian

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 12 2443238 manjakan-keluarga-dengan-olahan-ayam-kekinian-oXPMethbaA.jpg Sate Taichan. (Foto: Dok.Instagram soirokitchen)

Lonjakan kasus Covid-19 membuat Pemerintah mengambil langkah serius dengan memperketat protokol kesehatan dengan menerapkan 6M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menjauhi kerumunan, dan menghindari makan bersama. Selain itu, Pemerintah juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali.

PPKM Darurat Jawa dan Bali mulai diberlakukan sejak 3 hingga 20 Juli 2021, di mana setiap kegiatan masyarakat akan lebih banyak dilakukan #DiRumahAja, seperti beribadah, bekerja, dan belajar. Selain melakukan aktivitas pokok tersebut tentu akan lebih seru jika Anda menghabiskan waktu bersama keluarga. Salah satu menyajikan kudapan yang lezat dan kekinian. Sebab, salah satu untuk tetap sehat adalah menjaga imun dengan makanan yang bergizi.

Anda pun bisa berkreasi bersama keluarga dengan memasak menu-menu masakan kekinian atau bahkan bisa memesan dan membelinya melalui marketplace. Anda tinggal duduk santai di rumah, makanan pun siap diantar.

Baca Juga: Bosan Opor Ayam, Cobain 4 Kuliner Kekinian yang Lagi Hits Ini

Salah satu lauk yang biasanya digemari siapa saja dan cocok di lidah siapapun tentunya ayam, apalagi ayam merupakan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut beragam olahan ayam yang bisa Anda cicipi di rumah, Okezone telah merangkumnya untuk Anda:

1. Ayam Kecombrang

 

Ayam Kecombrang. (Foto: Dok.Instagram dapoer.indonesia)

Sambal kecombrang memang sedang hits belakangan ini. Wangi dan rasanya yang khas membuat siapapun tergoda untuk mencicipinya. Nah, olahan ayam yang satu ini sangat pas dipadukan dengan sambal kecombrang. Ayam yang di suwir dan dicampur dengan sambal kecombrang pastinya menggugah selera, apalagi dimakan dengan nasi hangat. Yummy!

2. Ayam Woku

Ayam Woku. (Foto: Dok.Instagram cetokcetokfood)

Cita rasa gurih, pedas, dan aroma khas rempah asli Indonesia pasti tak lepas dari Ayam Woku khas Manado. Ayam Woku adalah olahan yang tepat untuk para pecinta pedas. Rindu Manado? Ayam Woku dijamin bisa mengobati kerinduan Anda.

3. Buttermilk Chicken

Buttermilk Chicken. (Foto: Dok.Instagram sini.makanlah)

Olahan ayam ini dibaluri dengan tepung dan menghasilkan tekstur yang crunchy, namun buttermilk chicken bukan ayam tepung biasa. Kudapan ini telah dimarinasi dengan 12 rempah khas Nusantara, tak ketinggalan juga direndam dengan freshmilk selama 24 jam, lalu digoreng dengan api sedang.

Anda bisa langsung order dan memilih menu di akun Instagram @sini.makanlah. Resto ini juga menawarkan tiga pilihan sambal untuk menemani buttermilk chicken, yaitu sambal matah, embe, dan korek. Makin sedap kan dicocol pakai sambal!

4. Lumpia Ayam Goreng

Lumpia Ayam Goreng. (Foto: Dok.Instagram onebite_dimsum)

Olahan ayam yang satu ini sangat cocok disajikan untuk camilan keluarga. Dibalut dengan kulit lumpia, lalu digoreng pastinya menambah kehangatan bersama keluarga.

Nah, Anda pun bisa memesannya melalui marketplace salah satunya dari One Bite Dimsum. Dijamin hari Anda bersama keluarga makin seru dengan camilan kekinian ini.

5. Sate Ayam Taichan

Sate Taichan. (Foto: Dok.Instagram soirokitchen)

Sate taichan merupakan olahan daging ayam yang di fillet pada bagian dada, lalu dibakar hingga garing, namun tetap lembut tekstur daging di dalamnya. Sate taichan ini sangat khas dipadukan dengan sambal yang pedas sekaligus gurih. Dijamin, mencicipi sate taichan pasti bikin ketagihan.

Jangan ragu untuk #BeliKreatifLokal secara online kuliner Indonesia di e-commerce atau Instagram dari restorannya langsung. Anda turut membantu UMKM Indonesia dengan membeli produk lokal dan membuat Anda semakin #BanggaProdukIndonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga mengajak masyarakat untuk mendukung dan membantu usaha para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dengan tetap membeli produk lokal pada masa pandemi Covid-19.

Sandiaga menambahkan, jika Indonesia merupakan pasar e-commerce terbesar di Kawasan Asia Tenggara. Artinya masih besar kesempatan produk-produk ekraf untuk menguasai pasar e-commerce tanah air.

“Maka, untuk mewujudkan hal tersebut beberapa upaya dilakukan oleh Kemenparekraf/Baparekraf guna membuat pelaku sektor parekraf melek digital,” ujarnya.

Anda pun bisa membagikan momen bersantap bareng keluarga dengan mengikuti Video Kompetisi TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja. Caranya sangat mudah, cukup dengan membuat konten kreasi video TikTok berdurasi maksimal 15 detik.

Lengkapi dengan efek #DiIndonesiaAja dan backsound jingle ‘Aku Cinta Indonesia’. Selanjutnya, tinggal upload video kreasi tersebut dengan hashtag #DiIndonesiaAja dan mention @indonesia.travel. Pastikan akun Anda tidak di-private, ya!

Pastikan juga Anda untuk tetap patuhi protokol kesehatan meski beraktivitas #DiRumahAja dan dukung terus pelaku ekonomi kreatif dengan #BeliKreatifLokal secara online selama masa pandemi. Selain mematuhi protokol kesehatan, Anda juga perlu melakukan vaksinasi guna melindungi diri serta mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Untuk mendapatkan informasi lainnya seputar ekraf dan travelling #DiIndonesiaAja, Anda bisa follow akun instagram @pesonaid_travel untuk mendapatkan lebih banyak inspirasi.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini