5 Jenis Sate Khas Indonesia, Lezat dan Mudah Ditemui

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 298 2443306 5-jenis-sate-khas-indonesia-lezat-dan-mudah-ditemui-Z9UJZlzKEg.jpg Sate maranggi salah satu khas Indonesia. (Foto: Instagram @dinfooddiary)

SATE merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, beberapa daerah juga memiliki sate khas tersendiri.

Menyantap sate bisa kapan saja. Apalagi di momen hari raya Idul Adha ini, banyak orang mendadak bakar sate karena mendapat daging kurban melimpah.

Meski masih banyak jenis sate lainnya, berikut lima sate yang paling terkenal di Indonesia, sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Selasa (20/7/2021).

Baca juga: Hari Raya Kurban Identik dengan Bakar Sate, Yuk Ketahui Asal-usul dan Maknanya 

1. Sate madura

Sate madura merupakan sate yang paling terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya, Anda bisa menemukan penjaja sate madura di setiap daerah tanpa harus pergi ke Madura untuk mencicipinya.

Sate madura biasa terbuat dari daging ayam atau kambing yang dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap. Biasanya sate ini akan disajikan dengan alas daun pisang, nasi hangat atau lontong dan acar bawang.

Sate madura.

Baca juga: Chef Juna Bagikan 5 Cara Praktis Mengolah Daging Kurban, Dijamin Nikmat 

2. Sate padang

Setelah sate madura, sate madang menjadi menu yang paling banyak dicari masyarakat. Penjaja sate padang dapat dengan mudah Anda temukan di kota-kota besar.

Ciri khas sate padang adalah bumbunya berwarna kuning dan kental. Bumbunya terbuat dari tepung beras dicampur kaldu daging, jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam.

Sate padang.

3. Sate lilit bali

Mulai dari daging dan jenis tusuknya, sate lilit bali tampak unik banget. Dagingnya dicincang terlebih dahulu sebelum dililitkan ke tusukan bambu pipih.

Sate lilit bali bisa menggunakan daging apa pun, seperti sapi, ayam, ikan, dan sebagainya. Bumbunya menggunakan perpaduan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica. Mantul banget deh.

Sate lilit bali. (Foto: Instagram @berbagiresep)

Baca juga: Dokter Setuju Paha Kambing Kesukaan Rasulullah Baik untuk Kesehatan 

4. Sate maranggi

Sate maranggi biasa ditemukan di Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging ayam, sapi, dan kambing. Menariknya, bumbu sate ini dibuat khusus dari beberapa campuran unik.

Bumbu sate maranggi terbuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Sate ini biasa dihidangkan dengan ketan atau nasi putih. Terdapat juga irisan tomat besar sebagai penetral rasa.

Sate maranggi.

5. Sate taichan

Sate taichan merupakan jenis sate yang sedang populer belakangan ini. Asal-usul sate taichan sebenarnya belum terkonfirmasi dengan pasti.

Menurut beberapa informasi yang ada, sate taichan tercipta berawal dari datangnya sepasang muda-mudi Jepang-Indonesia yang ingin membeli sate di salah satu kedai sate madura di kawasan Senayan, Indonesia.

Namun, sate taichan merupakan hidangan yang lezat yang menggunakan daging ayam dan kemudian dibakar tanpa menggunakan bumbu yang beraneka ragam dan hanya menggunakan garam dan jeruk nipis saja sebagai bumbu. Sate ini juga umum disajikan dengan lontong.

Baca juga: Ucapkan Selamat Idul Adha, Cinta Laura Ditawari Netizen Kupon Daging Kurban 

Sate taichan. (Foto: Cookpad)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini