3 Larutan Asam yang Penting dalam Mengolah Daging

Antara, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 298 2443364 3-larutan-asam-yang-penting-dalam-mengolah-daging-pzlyacppoe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGOLAH daging tertutama daging kambing memang tidak mudah. Salah satu kesulitan yang biasa yang terjadi adalah baunya yang masih kurang enak dan juga daging yang keras.

Selain itu, jika tidak diolah dengan baik maka daging tersebut masih bisa mendatangkan virus dan bakteri. Oleh karena itu, mempraktikkan kebersihan makanan yang tepat di rumah adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa daging mentah dan produk matang Anda tetap aman.

Berikut adalah larutan asam yang umum digunakan dalam persiapan daging, seperti dilansir dari Healthline.

Daging

Cuka putih

Bahan memasak dan pembersih yang umum ini juga merupakan salah satu asam paling umum untuk mencuci daging. Ini mengandung asam asetat, yang telah terbukti mengurangi volume dan pertumbuhan bakteri pada permukaan daging sapi, ayam, dan bebek.

Jus lemon atau jeruk nipis

Jus jeruk ini tidak hanya berguna dalam masakan sehari-hari tetapi juga telah ditemukan untuk mengurangi bakteri pada daging dan mempertahankan rasa daging yang dimasak.

Natrium hidroksida (NaOH) khusus makanan

Aditif makanan ini mencegah jamur dan pertumbuhan bakteri dan digunakan untuk menghilangkan kulit buah dan sayuran seperti tomat atau kentang. NaOH mengurangi pertumbuhan bakteri pada permukaan daging

Namun, belum diketahui apakah asam ini juga menghancurkan virus bawaan makanan. Karena itu, praktik terbaik adalah memasak semua daging secara menyeluruh, yang merupakan cara paling efektif untuk membunuh kuman berbahaya, menurut CDC.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini