Beautypedia: Mengenal Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 611 2443377 beautypedia-mengenal-manfaat-masker-tomat-untuk-kecantikan-zzsPo6oNWe.jpg Ilustrasi penggunaan masker tomat. (Foto: Freepik)

TOMAT merupakan sayuran yang kaya antioksidan. Ketika digunakan untuk kecantikan, tomat dapat merawat kulit dengan kandungan karoten dan lutein yang berfungsi mengatasi masalah penuaan.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen pada kulit berkurang. Ini akan membuat kulit mengendur dan memberi efek kerutan yang seringkali terlihat pada wajah dan leher.

Baca juga: Beautypedia, Hilangkan Jerawat dan Kulit Kusam dengan Masker DIY Yuk! 

Selain itu, tomat juga merupakan solusi terbaik yang bisa digunakan untuk melawan pigmentasi berlebih serta mengurangi jerawat. Pigmentasi berlebih tidak diinginkan wanita karena bisa membuat kulit terlihat kusam.

Oleh karena itu, jika Anda menginginkan kulit yang cerah, bebas jerawat, serta awet muda, gunakan saja masker tomat. Berikut cara membuatnya dan bisa diaplikasikan sendiri di rumah, sebagaimana dikutip dari laman Pinkvilla, Selasa (20/7/2021).

1. Untuk kulit kusam

Bahan-Bahan:

- 1 sdm pure tomat

- 1/2 sdm madu

Cara Membuat:

Jangan terlalu banyak memblender tomat. Ekstrak ampasnya dan gabungkan kedua bahan tersebut untuk membuat masker. Oleskan ke wajah dan leher. Cuci bersih dengan air hangat setelah 20 menit.

Baca juga: 5 Bahan Alami Masker Wajah, Murah dan Bikin Kulit Makin Cerah Terawat 

2. Untuk kulit berjerawat

Bahan-Bahan:

- 1 sdm pure tomat

- 1/2 sdm gel lidah buaya

- Sejumput kunyit

Cara Membuat:

Kocok bahan-bahan tersebut untuk mengoleskan ramuan yang membantu mengatasi masalah jerawat. Oleskan pada wajah dan bersihkan setelah 20 menit.

3. Untuk cegah penuaan kulit

Bahan-Bahan:

- 1 sdm pure tomat

- 1/2 sdm minyak jojoba

- 1/4 sdm kopi bubuk

Cara Membuat:

Campur ketiga bahan tersebut dan oleskan masker pada wajah serta leher yang telah dibersihkan. Bersihkan dengan air setelah 20 menit dan gunakan pelembap untuk menjaga kulit terhidrasi.

Baca juga: Pakai Masker Wajah Bisa untuk Apa Saja? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini