Kepatuhan Prokes di Restoran Paling Rendah, Tak Capai 80%

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 20 Juli 2021 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 20 612 2443425 kepatuhan-prokes-di-restoran-paling-rendah-tak-capai-80-lrSoL7WalW.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MELONJAKNYA angka kasus positif setiap harinya di Indonesia. Sayangnya, data kepatuhan protokol kesehatan tingkat nasional, sampai saat ini tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan nyatanya masih rendah.

Profesor Wiku, Koordinator Tim Pakar dan Jubir Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 mengatakan, saat ini cukup banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan dasar 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan benar.

“26 persen Desa/ Kelurahan di Indonesia kepatuhan masyarakat memakai maskernya masih rendah. 28 persen Desa/ Kelurahan di Indonesia memiliki kepatuhan menjaga jarak yang rendah,” papar Prof Wiku, dalam siaran langsung Keterangan Pers Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Selasa (20/7/2021).

 

Data di atas semakin diperburuk dengan data dari tiga lokasi titik kerumunan yakni restoran, wilayah pemukiman dan tempat olahraga publik. Restoran menjadi tempat umum yang paling rendah tingkat kepatuhan protokol kesehatannya.

"Restoran sebagai tempat publik yang tingkat kepatuhannya rendah, kepatuhan protokol kesehatan di restoran di angka 79,19 persen. Sementara wilayah pemukiman 81,17 persen dan 82,18 persen untuk tempat olahraga publik," pungkas Prof Wiku.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini