3 Minuman Ini Bantu Turunkan Kolesterol Usai Santap Daging Idul Adha

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 298 2443547 3-minuman-ini-bantu-turunkan-kolesterol-usai-santap-daging-idul-adha-yFzomTqqVV.jpg Susu kedelai bantu turunkan kolesterol (Foto : Healthline)

HIDANGAN saat Idul Adha identik dengan daging-dagingan, seperti sapi maupun kambing. Kedua daging tersebut memang sehat jika dikonsumsi dalam batas wajar, tetapi bisa menimbulkan efek buruk jika makan terlalu banyak, termasuk kolesterol naik. 

Ya, mengonsumsi daging berlemak bisa memicu naiknya level low-density lipoprotein (LDL) atau terkenal sebagai kolesterol jahat. Inilah yang akan meningkatkan risiko penyakit jantung hingga stroke.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada minuman-minuman tertentu yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Beberapa minuman ini juga mudah dibuat di rumah, lho!

Apa saja ya? Simak daftar lengkapnya seperti dirangkum dari Medical News Today, Rabu (21/7/2021).

Teh hijau

Teh Hijau

Di urutan pertama ada teh hijau. Seperti kita ketahui, teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan. Hal inilah yang kemungkinan membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol secara total. Selain itu, kafein dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Baca Juga : Pose Maria Vania Tanktopan Pamer Ketiak Mulus Bikin PPKM, Para Pria Kembali Melongo!

Susu kedelai

Susu Kedelai

Kemudian ada susu kedelai yang memiliki kadar lemak jenuhnya rendah. Food and Drug Administration (FDA) telah merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari protein kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan menjaga kadar kolesterol dalam membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Jus tomat

Jus Tomat

Selanjutnya ada jus tomat yang mudah dibuat di rumah. Tomat sendiri kaya akan senyawa yang disebut likopen. Inilah yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. Selain itu, jus tomat juga kaya serat penurun kolesterol dan niasin. Cobalah membuat jus tomat tanpa tambahan pemanis buatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini