5 Makanan Lezat Khas Cirebon, Dijamin Menggugah Selera

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 298 2443754 5-makanan-lezat-khas-cirebon-dijamin-menggugah-selera-HRSBTVF4R0.jpg Nasi jamblang salah satu makanan khas Cirebon. (Foto: Instagram @republik.santri)

DIKENAL dengan julukan "Kota Udang", Cirebon memiliki beraneka ragam makanan yang lezat dan menggugah selera. Maka itu, tak heran jika para wisatawan yang berkunjung ke Cirebon selalu ingin mencicipi ragam kulinernya.

Akan tetapi untuk mencicipi makanan khas Cirebon sebenarnya enggak perlu ke sana. Kuliner khas Cirebon dapat dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja kuliner khas Cirebon yang pastinya lezat dan menggugah selera, berikut daftarnya, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: 5 Resep Minuman Sehat Penetralisir Lemak Usai Makan Daging Kurban 

1. Nasi jamblang

Nasi Jamblang awalnya dikenal dari Desa Jampang, Kabupaten Cirebon. Dikarenakan unik dan murah, nasi jamblang akhirnya mulai populer dijajakan di wilayah lain di Cirebon.

Makanan ini disajikan dengan beberapa pilihan lauk seperti ikan asin, sate kentang, perkedel, tahu sayur, tempe, aneka pepes, ayam goreng, dan lauk yang paling khas misalnya tumis cumi hitam serta paru goreng yang renyah dan gurih.

Nasi jamblang khas Cirebon. (Foto: Instagram @republik.santri)

Baca juga: Resep Simpel Tongseng Sapi Kurban ala MasterChef Indonesia, Dijamin Lezat 

2. Empal gentong

Empal gentong dijajakan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Aromanya sangat berbeda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar. Kuah kuning empal gentong sangat nikmat jika disantap dalam keadaan panas.

Rasanya gurih dan menyegarkan di mulut. Kuahnya saja sudah enak, apalagi jika ditambah dengan isian yang istimewa seperti daging sapi pilihan dan beberapa aneka jeroan.

Empal gentong khas Cirebon.

3. Mi koclok

Mi koclok disajikan dengan irisan telur rebus, ayam yang disuwir, tauge, serta tambahan bawang daun. Kuahnya berwarna putih dan cukup kental. Makanan ini seringkali dijadikan sebagai hidangan saat malam hari sebagai penutup, terutama saat musim hujan. Ini karena penjaja mi koclok umumnya tidak menjualnya di pagi atau siang hari.

Mi koclok khas Cirebon. (Foto: Instagram @depe.annisa)

Baca juga: Chico Hakim Buktikan Vaksin Covid-19 Beri Manfaat Besar 

4. Bubur ayam Cirebon

Salah satu ciri khas bubur ayam Cirebon adalah dari kuah kaldunya yang berwarna kuning dan gurih. Potongan cakwe pun menjadi salah satu daya tarik bubur Cirebon dibandingkan dengan bubur lainnya.

Sudah pasti berbagai sate jeroan menjadi lauk pendamping yang mengenyangkan seperti sate usus, sate ampela, sate ati atau sate telur puyuhnya.

Bubur ayam cirebon. (Foto: Instagram @dapur_cantikchannel)

5. Tahu gejrot

Kuliner khas Cirebon ini sudah sangat populer di Jakarta. Beberapa pedagang malah menjajakan dengan menggunakan sepeda sambil berkeliling. Cara penyajiannya cukup unik karena biasanya disajikan dengan menggunakan cobek kecil berbahan tanah liat. Pedagangnya biasanya langsung mengulek bumbu kuah tahu gejrot yang memiliki rasa asam, manis, pedas dan sedikit rasa gurih.

Baca juga: Tampil Stunning dengan Maxi Dress, Prilly Latuconsina Disebut Mirip Bintang Bollywood 

Tahu gejrot khas Cirebon. (Foto: Okezone)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini