Coronasomnia, Gangguan Tidur saat Pandemi, Begini Mengatasinya!

MNC Media, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 07:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2443542 coronasomnia-gangguan-tidur-saat-pandemi-begini-mengatasinya-6I4bZLvos2.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

PANDEMI covid-19 mengubah cara orang melaksanakan kegiatan, seperti bersekolah, beribadah dan bekerja yang harus dilakukan dari rumah. Sementara banyak kegiatan lain yang hampir sama sekali tidak dapat dilaksanakan, misalnya berlibur. Perubahan ini tentu memengaruhi kondisi keseharian seseorang termasuk pola dan kualitas tidur.

Berbagai perubahan yang membuat orang lebih banyak harus berada di dalam rumah menimbulkan masalah baru pada kesehatan. Rutinitas yang monoton di dalam rumah dapat menimbulkan stress. Hal ini juga akhirnya berdampak negatif pada pola dan kualitas tidur seseorang.

Dilansir dari Healthline, stress yang bertahan lama berdampak buruk terhadap pola tidur. Apabila orang sulit tidur akibat stress maka mereka cenderung mengalami kesulitan dalam mengatur emosi dan pikiran pada esok harinya. Hal itu berdampak lebih lanjut dan menjadi siklus buruk yang terus terjadi.

Gangguan Tidur

Memburuknya pola tidur di masa pandemi seperti ini disebut coronasomnia, istilah yang diberikan para ahli untuk gangguan tidur saat pandemi yang disebabkan oleh tingkat stress seseorang.

Spesialis pengobatan perilaku tidur, Lisa Medalie, mengatakan, mengoptimalkan waktu tidur melalui perubahan kebiasaan menjadi sangat penting agar kualitas tidur bisa terjaga di masa pandemi.

“Cobalah bereksperimen dengan berbagai aktivitas sebelum tidur seperti membatasi penggunaan elektronik, melakukan ritual sebelum tidur seperti mandi air hangat, mendengarkan musik santai, atau membaca buku,” kata Medelie dikutip dari Healthline (16/07/2021).

Baca Juga : Simak! Ini Risiko Gangguan Tidur yang Perlu Diwaspadai

Selain itu, memilih tempat yang nyaman untuk tidur pun menjadi salah satu faktor penentu kualitas tidur. Ada kalanya Anda harus mencari suasana baru untuk beristirahat untuk menyegarkan suasana dan pikiran.

Aktor Indra Brasco mengatakan, perubahan cara kerja WFH sangat berdampak. WFH cenderung membuat orang tidak banyak bergerak

“Kecenderungan itu tidak banyak bergerak. Hanya duduk dan lakukan aktivitas di sekitar rumah saja. Menurut aku, WFH challenge nya itu gimana kita bisa membagi pekerjaan dan peran kita sebagai orangtua di rumah gitu ya. Kalau aku godaan itu adalah anak-anak. Karena paling aku nggak bisa ngeliat anak-anak pasti aku bermain sama anak-anak” kata Indra Brasco kepada Celebrities.id di Jakarta (19/7/2021).

Untuk menjaga kualitas tidur, Indra brasco berusaha tidak stress. Ia melakukan kegiatan yang banyak menguras tenaga sehingga bisa tidur nyenyak.

“Karenakan kita di rumah aja, jadi lakukan aktivitas yang melelahkan. Kalau aku kan karena ngurusin anak ya, jadi main sama anak-anak sama Numa apalagi tuh ya dan sama Nala yang Tiktokan, itu juga menguras energi juga gitu. Itu salah satu yang menguras tidur aku ya nyaman, terus nyenyak. Karena memang kita biasanya keseharian sebelum PPKM atau sebelum pandemi itu melakukan aktivitas di luar, banyak yang perlu dikerjakan, meeting segala macam, dan sekarang di rumah aja, aku mencari suatu kegiatan yang membuat keringetan gitu, yang membuat kita menjadi bergerak biar nantinya tidur bisa enak. Itu menurutku.”

Sementara aktris, model, penyanyi dan presentaer Amel Carla mengatakan, di awal-awal pandemi ia memang sempat mengalami gangguan tidur. Ia baru bisa tidur setelah larut malam. Tetapi saat ini ia sudah bisa menjalani pola tidur yang lebih berkualitas.

“Tidur itu tidak bagus terlalu lama. Saya saat ini bisa tidur berkualitas degan jam teratur dan durasi tidur yang cukup setelah bisa mengatur rutinitas kegiatan dan olahraga seperti bersepeda. Tidur cukup antara 6 hinga 8 jam. Tidur siang juga perlu jika memungkinkan tetapi tidak perlu terlalu lama. Sebelum tidur hindari meminum kopi atau teh” ujar Amel Carla.

“Memang, kegiatan yang monoton apalagi di dalam rumah pastinya membuat kita bosan. Kita pun butuh tempat-tempat baru untuk merefresh pikiran kita terutama soal kamar tidur,” ujar Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin pada Kamis (15/07/2021).

Mister Aladin sebagai Online Travel Agent milik MNC Group, memberikan penawaran khusus bagi Anda yang ingin menikmati suasana baru agar kualitas tidur lebih baik. Melalui promo Tidur Lelap Hematnya Mantap, Anda bisa memesan hotel se-Indonesia dengan potongan harga Rp45.000.

“Meski di masa pandemi sekarang ini, tidak ada salahnya kalau teman-teman merencanakan staycation dari sekarang. Terlebih lagi, melalui promo ini Mister Aladin membagikan potongan harga Rp45.000 untuk memesan hotel apa saja di seluruh Indonesia untuk periode menginap kapan pun,” tambah Nitha Sudewo.

Promo Tidur Lelap Hematnya Mantap ini bisa Anda gunakan hingga 31 Juli 2021. Potongan sebesar Rp45.000 bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kode promo LELAP45MA. Promo ini berlaku untuk semua hotel di Indonesia dan bebas digunakan untuk menginap kapan saja yang Anda inginkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo ini bisa Anda temukan di halaman berikut https://www.misteraladin.com/promotions/hemattidurlelap .

#MisterAladin #TidurLelapHematnyaMantap #DiskonHotel #PromoHotel #Coronasomnia

Tentang Mister Aladin

Diluncurkan pada November 2015 dan berada di bawah naungan MNC Group, Mister Aladin adalah perusahaan berbasis online yang memulai perjalanannya sebagai penyedia kebutuhan traveling, seperti hotel, tiket pesawat, tiket kereta, tur, dan aktivitas. Sekarang, Mister Aladin memperluas jenis usahanya dengan menyediakan kebutuhan harian, seperti bahan pangan dan perlengkapan rumah tangga. Melalui beragam produk ini, Mister Aladin terus berusaha untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dengan menjadi one-stop shopping platform. Info lebih lanjut mengenai Mister Aladin, silakan kunjungi www.misteraladin.com atau download aplikasi Mister Aladin di Google Play Store atau App Store. Ikuti juga Mister Aladin di media sosial: Facebook (@MisterAladin), Twitter (@misteraladinid), Instagram (@misteraladin), dan TikTok (@misteraladin.id).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini