Ustadz Yusuf Mansur Masuk RS, Waspadai 4 Komplikasi Anemia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 09:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2443614 ustadz-yusuf-mansur-masuk-rs-waspadai-4-komplikasi-anemia-fk4aFJVqJY.jpg Ustadz Yusuf Mansur (Foto : Instagram/@yusufmansurnew)

USTADZ Yusuf Mansur mengalami anemia atau kondisi kadar Hb darah sangat rendah. Menurut informasi yang disampaikan langsung pada MNC Portal, Hb-nya pagi ini, Rabu (21/7/2021) ada di level 5. Sangat rendah.

Itu kenapa pendiri dan pengurus Pesantren Daarul Quran tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Kini, sang pendakwah itu tengah menunggu proses transfusi darah.

Penanganan cepat seperti dilakukan Ustadz Yusuf Mansur ini sudah sangat tepat. Terlebih, kini dirinya sudah dipantau oleh dokter rumah sakit.

Yusuf Mansur

Baca Juga : Ustadz Yusuf Mansur Masuk Rumah Sakit, Sedang Proses Transfusi Darah

Kenapa demikian? Orang dengan kadar Hb darah rendah yang tak tertangani dengan segera akan mengalami beberapa komplikasi yang bisa membahayakan nyawanya. Makanya, Ustadz Yusuf juga mengatakan di pesan singkatnya bahwa jika dirinya tak diatasi dengan cepat, bisa kolaps.

"Pagi ini, 21 Juli 2021, dengan izin Allah, HB (darah) saya Alhamdulillah 'masih' ada 5. Rendah sangat, tapi masih hidup hehehe. Eritrosit rendah, zat besi juga rendah. Semua, Alhamdulillah. ... Saya harus segera melakukan transfusi darah, kalau enggak bisa kolaps. Sebab, (darah saya) terlalu rendah," paparnya.

Lantas, apa saja komplikasi dari anemia yang tidak tertangani dengan segera dan juga tepat?

Menurut laman kesehatan Mayo Clinic, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa terjadi atau komplikasi pada pasien anemia yang tak tertangani dengan tepat, antara lain:

1. Kelelahan parah

Anemia berat dapat membuat pasien sangat lelah sehingga mereka tidak dapat beraktivitas dengan normal.

2. Komplikasi kehamilan

Wanita hamil dengan anemia defisiensi folat mungkin lebih mungkin mengalami komplikasi seperti kelahiran prematur.

3. Masalah jantung

Anemia dapat menyebabkan detak jantung yang sangat cepat atau tidak beraturan (aritmia). Ketika Anda mengalami anemia, jantung Anda harus memompa lebih banyak darah untuk menebus kekurangan oksigen dalam darah.

"Hal ini dapat menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung," terang laporan tersebut.

4. Kematian

Beberapa anemia yang diwariskan dari orangtua seperti jenis anemia 'sickle cell' dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Kehilangan banyak darah dengan cepat menyebabkan anemia akut, kondisi sangat parah, dan bisa berakibat fatal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini