Azithromycin Tidak Boleh untuk Pasien Covid-19, Kalau Terlanjur Minum?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2443620 azithromycin-tidak-boleh-untuk-pasien-covid-19-kalau-terlanjur-minum-knLhBMjSON.jpg Azithromycin (Foto : The Pharmaceutical Journal)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) merevisi penggunaan obat Azithromycin sebagai terapi obat Covid-19. Menurut beberapa studi yang dilakukan, antibiotik tersebut tidak memberikan efek yang berarti untuk pasien Covid-19.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Prof Zubairi Djoerban pun merekomendasikan agar pasien Covid-19 tidak mengonsumsi Azithromycin, kecuali mereka memiliki penyakit infeksi bakteri sekunder dan ini pun harus sesuai anjuran dan pantauan dokter.

Tapi, bagaimana jika sudah terlanjur minum Azithromycin? Prof Beri, sapaan akrabnya, coba menjawab pertanyaan tersebut dan jawabannya adalah hentikan sekarang juga.

Azithromycin

"Bagaimana jika sudah terlanjur memakai Azithromycin? Setop, karena tidak dibenarkan. Meski saya tahu niatnya baik untuk menyembuhkan, tapi harus dipahami bahwa Azithromycin bukan obat Covid-19,' tegasnya di unggahan Instagram belum lama ini.

Baca Juga : Jangan Asal Minum Azithromycin, Ketua Satgas IDI Ungkap Risikonya

Ada alasan kuat mengapa Prof Beri meminta pasien Covid-19 menyudahi penggunaan Azithromycin. Selain terbukti tak memberi kesan bermakna pada pasien Covid-19, penggunaan Azithromycin yang sembarangan, terlalu banyak, atau tanpa indikasi yang tepat, malah akan menimbulkan resistensi pada bakterinya.

Selain itu, ada efek samping yang ditimbulkan jika pasien Covid-19 menggunakan Azithromycin.

"Efeknya jangka panjang, setelah beberapa bulan ketika bakteri itu menjadi resisten. Amat mungkin juga obat ini berefek serius pada orang yang menggunakannya dalam jumlah banyak dan sembarangan, di kemudian hari," terangnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini