Pakar Kesehatan: Orangtua Tertular Covid-19 dari Kita

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2443773 pakar-kesehatan-orangtua-tertular-covid-19-dari-kita-ZvPXD14fKo.jpg Orangtua kena Covid-19 (Foto: Huffpost)

STUDI terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menunjukkan bahwa usia tua meningkatkan risiko kematian akibat Covid-19. Selain itu, pasien dengan sesak napas, pneumonia, dan riwayat hipertensi juga berhubungan dengan risiko kematian.

Penelitian ini berdasar data yang dikumpulkan dari rekapitulasi Penelusuran Epidemiologi (PE) yang dikeluarkan oleh Pemerintah DKI Jakarta dari 2 Maret hingga 27 April 2020. Didapatkan total data sebanyak 4.052 pasien dengan 381 pasien dinyatakan meninggal dunia (9,4%).

 terinfeksi Covid-19

Analisis multivariabel studi ini menunjukkan bahwa kematian berhubungan dengan usia tua, sesak napas, dan riwayat hipertensi.

Dari data tersebut, peneliti menarik kesimpulan bahwa usia tua, sesak napas, pneumonia, dan riwayat hipertensi berhubungan dengan risiko kematian.

"Angka kematian tertinggi terjadi pada 6 April dan menurun di beberapa pekan selanjutnya, setelah pembatasan sosial berskala besar dilakukan," terang peneliti.

Di kesimpulan, peneliti juga menyampaikan hasil bahwa mortalitas tergolong tinggi, tetapi mungkin dapat dikurangi dengan pembatasan interaksi sosial.

Sementara itu, Dekan FKUI, Prof Ari Fahrial Syam, coba menyederhanakan hasil studi tersebut melalui unggahan terbarunya di Twitter. Di situ, Prof Ari juga menyampaikan betapa pentingnya penggunaan masker saat bertemu dengan orangtua, dalam hal ini lansia.

"Wajib pakai masker di rumah saat ketemu orangtua. Hasil penelitian FKUI menemukan, untuk yang terinfeksi Covid-19 dan meninggal, persentasenya ialah pasien di atas 70 tahun (30,11%), 50-69 tahun (14,70%), dan 20-49 tahun (3,38). Pesan penting untuk kita semua, orangtua tertular dari kita," ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini