Kabar Baik, Angka Keterisian Tempat Tidur RS di Jawa-Bali Relatif Menurun

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2443939 kabar-baik-angka-keterisian-tempat-tidur-rs-di-jawa-bali-relatif-menurun-S8MXyQ8j3m.jpg Ilustrasi (Foto : Livescience)

PENERAPAN aturan PPKM Darurat tahap 4 yang diberlakukan sejak 3 Juli lalu, perlahan-lahan mulai menunjukkan hasil yang positif.

Seperti diisampaikan oleh Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, Salah satu dampak positifnya, bisa terlihat dari angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau biasa disebut Bed Occupancy Rate (BOR) di Provinsi Jawa-Bali yang menurun.

“Angka keterisian BOR di Provinsi relatin menurun, walau sebagian besar Provinsi Jawa-Bali masih di level kapasitas respon yang sama. Seperti DIY, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Timur,” ungkap dr. Siti Nadia, dalam siaran langsung Update PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021).

Rumah Sakit Covid-19

Baca Juga : Demi Divaksin Covid-19, Ibu Ini Rela Antri meski Cat Rambut Belum Kering

Dokter Siti Nadia mengungkapkan, untuk Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah telah menunjukkan angka penurunan yang baik dari level terbatas kini membaik karena sudah turun ke level sedang.

“Tingkat keterisian tempat tidur perawatan di Jawa Barat dan Jawa Tengah menurun, jadi di bawah 80 persen. Sehingga kapasitas respon yang semula terbatas level kapasitasnya jadi sedang,” lanjutnya.

Berita baik ini juga diikuti oleh Provinsi DKI Jakarta, yang juga mengalami penurunan angka keterisian tempat tidur di rumah sakit dalam sepekan terakhir.

“BOR DKI menurun, dibandingkan minggu lalu yang mencapai 92 persen, saat ini ada di angka 84 persen,” pungkas dr. Siti Nadia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini