Mengenal Diet Special Needs, Makanan Sehat untuk Penyandang Autisme

Antara, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 481 2444006 mengenal-diet-special-needs-makanan-sehat-untuk-penyandang-autisme-wGdcmWt49f.jpg Ilustrasi makanan sehat untuk Diet Special Needs. (Foto: Schantalao/Freepik)

TAHUKAH Anda Diet Special Needs? Ini merupakan pola makan sehat untuk kalangan berkebutuhan khusus, salah satunya penyandang autisme. Diet Special Needs ini seperti dijalani orangtua bernama Iman Santoso.

Berawal dari pengalamannya kesulitan mencari makanan-makanan yang tepat untuk anaknya, Iman kemudian tergerak mendirikan bisnis Diet Special Needs.

Baca juga: Mengenal Diet Pescatarian, Apa Saja Manfaatnya? 

Diet sendiri tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang ingin menjaga bentuk tubuh atau berat badan. Namun, diet khusus juga dilakukan oleh seseorang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu, salah satunya adalah kalangan berkebutuhan khusus.

Diet untuk anak berkebutuhan khusus memiliki tujuan tersendiri, salah satunya untuk memudahkan mereka menyerap kandungan tertentu dari makanan yang disajikan orangtua.

"Anak saya ada tiga, yang pertama dan kedua ini autis gitu. Sehubungan kita juga masih awam waktu itu, kita ikutkan sekolah terapi. Dari situ kita dapat info bahwa ternyata tidak hanya dibutuhkan terapi psikologis, tapi juga terapi diet," kata Iman, seperti dikutip dari Antara, Rabu (21/7/2021).

Baca juga: Dipasang di Gigi, Perangkat Baru Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa anak-anaknya perlu menjalani diet khusus karena adanya beberapa zat makanan yang tidak bisa diproses oleh sang anak.

"Misalnya gluten, terigu, itu tidak bisa dicerna. Karena untuk menghancurkan zat-zat ini dapat menyebabkan, istilahnya sindrom leaky gut. Itu usus bocor gitu. Di situ kita mulai cari info makanan yang benar-benar bisa dikonsumsi mereka," paparnya.

Namun, Iman mengaku kesulitan dalam mencari makanan-makanan yang bisa dikonsumsi oleh anak-anaknya. Sebab, setiap anak-anak autis memiliki karakteristik berbeda. Sehingga, alergi pada setiap anak pun berbeda-beda.

Tidak Hanya untuk Kalangan Autisme

Dari pengalamannya ini, Iman kemudian tergerak membuat bisnis Diet Special Needs. "Dari komunitas itu, kita ngobrol-ngobrol ternyata mengalami hal yang sama. Kesulitan mencari makanan. Akhirnya kita sepakat untuk kenapa enggak buat saja gitu. Kita buat dengan persyaratan yang ketat."

Bisnisnya itu tidak hanya menyediakan makanan yang dapat dikonsumsi oleh penyintas autisme. Iman memaparkan bahwa menu-menu yang tersedia juga dapat dikonsumsi bagi masyarakat yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Baca juga: Alquran dan Sains: Rasulullah Ajarkan Diet sebagai Obat Berbagai Penyakit 

"Kalau orang yang ingin sehat juga beli di kita, atau yang ingin diet. Karena makanan kita ini tidak hanya untuk autis, tapi juga ada pendetoks kayak diabetes, hipertensi, kemudian alzheimer, autoimun, gerd, kanker. Jadi produk kita ini banyak yang komposisinya, bisa dikonsumsi oleh mereka," tuturnya.

Dengan berdirinya bisnis ini, Iman berharap masyarakat yang mengalami kondisi-kondisi khusus tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari makanan. Oleh sebab itu, makanan yang diproduksi oleh Iman dapat dikirim ke seluruh lokasi di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini