Skincare vs Beauty Treatment, Lebih Penting Mana?

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 611 2443603 skincare-vs-beauty-treatment-lebih-penting-mana-8z1HffU0Gv.jpg Perawatan kulit (Foto: The healthy cells chick)

MEMANG memiliki kulit wajah sehat dan menawan jadi dambaan setiap orang, baik perempuan atau laki-laki. Namun sayangnya, sejumlah permasalahan kulit justru kerap timbul dan menyebabkan wajah tampak kurang sehat makanya banyak orang melakukan perawatan kulit baik dengan skincare maupun beauty treatment.

Masalah kulit sendiri mulai dari jerawat, kulit kusam, dan penuaan dini, yang merupakan menjadi tiga masalah utama kulit. Tiga masalah itu disebabkan oleh berbagai hal.

 perawatan kulit

“Misalnya, jerawat, timbul karena produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati yang mengakibatkan sumbatan dan pembentukan komedo. Lalu ditambah dengan peran bakteri, sehingga menyebabkan proses peradangan,” kata Dermatologist sekaligus Dokter Spesialis Kulit dr Indah Widyasari belum lama ini.

Kemudian, kulit kusam yang terjadi karena penumpukan sel kulit mati atau kadar air yang tidak optimal dalam kulit. Hal ini menyebabkan proses regenerasi kulit terganggu.

Lalu terakhir, adalah penuaan dini yang 80 persen terjadi akibat faktor eksternal yaitu paparan sinar ultraviolet, ditambah peran dari polusi, diet yang tidak sehat, rokok, alkohol, hingga perubahan lingkungan.

Lantas, untuk mengatasi tiga permasalahan kulit itu, apa yang penting untuk dilakukan? Lebih penting rutin pakai skincare atau dengan melakukan beauty treatment?

Dokter Indah mengatakan, hal yang utama adalah rutin mengenakan skincare untuk memproteksi kulit. “Skincare ini lebih ke proteksi, jadi kita sudah tidak bisa menawar lagi. Paling tidak kita memakai pelembab dan sunscreen,” ujarnya.

Namun, untuk memaksimalkan kesehatan dan kecantikan kulit secara jangka panjang, dia menyarankan rutin melakukan beauty treatment. “Untuk hasil maksimal dan sifatbya bertahan lama, lebih baik mengkombinasikan antara krim wajah atau skin care dengan prosedur medik atau beauty treatment, daripada memilih hanya salah satunya saja,” terangnya.

Dia menjelaskan, skincare dasar untuk memproteksi kulit adalah pembersih, pelembab, dan tabir surya atau sunscreen. Kemudian untuk beauty treatment sendiri dapat berdasarkan penyesuaian dari usia, kondisi kulit, dan masalah kulit.

“Oleh karena itu kita harus mengenali jenis kulit masing-masing, misalnya apakah tipe kulit yang sensitif atau tidak. Selain itu, kenali pula masalah kulit yang ingin diatasi, sehingga saat berkonsultasi dengan dokter, mendapat saran treatment yang lebih terarah,” ujar Dokter Indah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini