Dokter: Resep Obat Covid-19 Air Kelapa Dicampur Garam dan Jeruk Nipis Hoaks

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 612 2443691 dokter-resep-obat-covid-19-air-kelapa-dicampur-garam-dan-jeruk-nipis-hoaks-aKFJdbZVFM.jpg Air kelapa (Foto: Asian Itinerary)

RUPANYA resep obat Covid-19 banyak lalu-lalang di media sosial, termasuk di pesan berantai WhatsApp. Salah satu yang cukup menyita perhatian adalah ramuan air kelapa dicampur dengan jeruk nipis dan garam.

Pesan berisi resep obat Covid-19 tersebut diklaim bersumber dari seorang teman di Bau Bau Sulawesi Tenggara. Bahkan, resep herbal itu diklaim manjur sembuhkan Covid-19 dan bisa bunuh virusnya hanya dalam waktu 1 jam.

 garam

Namun, dengan tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 PB IDI, Profesor Zubairi Djoerban, menyangkalnya. Menurut dia, informasi yang tersebar ini sepenuhnya tidak benar alias hoaks.

"Contoh WhatsApp tak bertanggung jawab. Tentang air kelapa yang diklaim bisa sembuhkan Covid-19. Ini klaim palsu," terangnya di Twitter, Rabu (21/7/2021).

Prof Beri, sapaannya, melanjutkan, klaim yang tidak palsu terkait Covid-19 adalah memakai masker, menghindari kerumunan, dan divaksinasi. "Kemudian, sering minum air kelapa. Itu baru sehat dan bisa menurunkan tekanan darah," katanya.

Berikut resep obat Covid-19 yang dianggap hoaks tersebut:

"Tolong bantu dikasih tahu ke saudara-saudara yang kena Covid-19. Ini obat pemberian Tuhan yang mudah didapat yang sangat manjur.

- 1 biji air kelapa muda

- 1 biji jeruk nipis, diperas

- 1 sendok makan garam

Semuanya diaduk dan diminum airnya, dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang. Mudah-mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat.

Info dari teman yang kakaknya di kota Bau Bau Sulawesi Tenggara. Obat herbal ini sangat manjur. Bisa diinfokan ke saudara, teman, atau keluarga kita. Terima kasih."

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini