Cara Berbelanja Aman saat Ledakan Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 612 2443730 cara-berbelanja-aman-saat-ledakan-covid-19-EsuohIEHc5.jpg Belanja (Foto: Delish)

DI tengah lonjakan kasus Covid-19, banyak orang yang berjuang menghindari terjadinya infeksi Covid-19. Salah satunya dengan menaati protokol kesehatan (Prokes) secara ketat saat melakukan kegiatan sehari-hari seperti saat berbelanja.

Ya, tidak bisa dipungkiri berbelanja sudah menjadi suatu kegiatan wajib yang dilakukan hampir semua orang di dunia. Terlebih selama masa pandemi Covid-19, masyarakat akan melakukan belanja besar untuk memenuhi segala macam kebutuhannya di rumah.

 belanja

Jika masyarakat harus berbelanja langsung ke warung, pasar, atau supermarket, sebaiknya melakukan strategi khusus untuk menghindari risiko penularan.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (13/7/2021), membagikan sejumlah tips aman yang bisa dilakukan saat pergi berbelanja.

1. Buat daftar belanja agar dapat mempersingkat waktu.

2. Menggunakan masker dengan benar, usahakan menggunakan masker ganda dengan kombinasi masker medis pada bagian dalam dan masker kain pada bagian luar.

3. Tetap menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain.

4. Cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah keluar rumah dan jangan lupa untuk membawa hand sanitizer.

5. Hindari mengunjungi tempat ramai.

6. Jika memungkinkan, belanja kebutuhan secara online.

7. Patuhi peraturan dari pemerintah setempat.

Lebih lanjut, KPCPEN mengimbau masyarakat untuk untuk terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 3M yakni Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Mengenakan masker, dan Menjaga jarak. Tak lupa, perlindungan tambahan juga bisa dilakukan dengan melakukan vaksinasi Covid-19.

Masa pandemi Covid-19 membuat banyak aspek dalam hidup kita berubah, termasuk sikap untuk lebih aman dari infeksi Covid-19 dengan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berbelanja.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini