Tips agar Anak Betah di Rumah Selama PPKM Darurat

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 21 Juli 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 21 612 2443861 tips-agar-anak-betah-di-rumah-selama-ppkm-darurat-PO0T3bHZsG.jpg Mengisi waktu saat WFH (Foto: Masterfile)

PEMERINTAH menyelenggarakan Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga Minggu 25 Juli 2021. Akibatnya anak-anak harus tetap di rumah saja di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Di sinilah peran orangtuanya harus memutar ide, supaya anak-anak tetap betah saat di rumah saja, tanpa bosan dan tetap menyenangkan. Lalu bagaimana caranya?

Dilansir dari laman Indys Child, berikut ini empat kegiatan seru ketika anak hanya di rumah saja.

 membuat kue

1. Membuat Kue

Kemudian cobalah mengajak anak Anda membuat kue bersama di rumah. Aneka makanan ringan ini bisa jadi solusi, supaya anak tidak bosan karena liburan di rumah saja.

Apalagi anak perempuan, biasanya cukup antusias jika diajak memasak atau membuat kue oleh orangtuanya.

Hal ini juga sekaligus mengedukasi buah hati, agar lebih kreatif dan pintar di dapur tentunya. Cobalah di membuat cookies, bolu, pudding dan lainnya.

2. Belajar Jadi Content Creator

Di masa saat ini, jadi content creator bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik dewasa maupun anak-anak sehingga waktu mereka tidak terbuang sia-sia.

Nah, Anda dan buah hati bisa belajar bersama membuat content seperti jadi YouTuber, membuat podcast sendiri, dan lainnya.

Hal ini akan membuat anak jadi lebih kreatif, dan sekaligus mengasah kemampuan mereka untuk lebih aktif dan percaya diri.

3. Olahraga

Menghabiskan waktu liburan anak dengan olahraga, menjadi salah satu kegiatan bermanfaat dan menyenangkan lho.

Anda bisa mengajak sang buah hati mencoba berbagai macam olahraga. Seperti bersepeda, main basket, volly, joging dan lainnya.

Kegiatan tersebut biasanya dilakukan di luar ruangan. Ketika bersepeda tak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar rumah Anda saja.

4. Adakan Pesta di Rumah

Saat pandemi berkerumun atau mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang jadi perhatian. Akan tetapi membuat pesta sendiri di rumah, yakni melibatkan kedua orangtua dan anak-anak tak ada salahnya.

Anda tidak perlu mengundang tamu dari luar. Cukup keluarga kecil saja yang mengadakan pesta.

Salah satunya membuat acara barbeque di halaman, ini akan menjadikan anak Anda tak mudah bosan. Buatlah suasana seperti sedang camping di luar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini