Tidur 10 Jam Lebih per Hari, Apakah Berbahaya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 481 2444249 tidur-10-jam-lebih-per-hari-apakah-berbahaya-rqSaj2I9Rg.jpg Tidur terlalu lama (Foto: Pinterest)

KEBANYAKAN orang mengeluh insomnia atau susah tidur. Namun sebenarnya tak sedikit juga yang malah punya kebiasaan tidur panjang. Secara normal usia dewasa muda durasi tidurnya itu 7-8 jam per hari.

Tapi, apa jadinya kalau tidur lebih dari 10 jam? Ya, mungkin di antara Anda ada yang tidur bisa lebih dari 10 jam per hari. Kondisi ini disebut dengan 'long sleep' dan apakah itu berbahaya untuk kesehatan?

 tidur terlalu lama

Dijelaskan Dokter Spesialis Saraf dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), sejatinya efek dari tidur panjang tersebut tidak ada. Namun, kebiasaan itu bisa menjadi tanda atau gejala kondisi tertentu.

"Jika Anda tidur panjang, ini harus dicari tahu penyebabnya, apakah ada penyakit yang tak terdeteksi, atau akibat dari obat tertentu. Ya, harus diteliti lebih lanjut," papar dr Manfaluthy belum lama ini.

Tapi, salah satu kondisi penyakit yang bisa dikenali dari kebiasaan tidur panjang atau durasinya lebih dari normalnya adalah hypersomnolence.

Ini adalah penyakit kantuk berlebih yang dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit, misalnya meliputi jetlag, aktivitas berat, mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, kehamilan, alkohol, atau sebelumnya sulit tidur.

Di sisi lain, Ahli Kedokteran Anak Prof Rini Sekartini menerangkan, sejatinya setiap rentang usia punya durasi tidur yang berbeda. Hal ini juga harus diperhatikan supaya Anda tidak asal meng-cap tidur lama.

"Jangan kaget, anak pra sekolah itu harus tidur 10-13 jam per hari, beda dengan orang dewasa muda yang kisaran tidurnya berdurasi 7-8 jam yang ideal," katanya di acara serupa.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini