PPKM Darurat, Ini Aktivitas Seru Bareng Anak di Rumah Saja

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 612 2444496 ppkm-darurat-ini-aktivitas-seru-bareng-anak-di-rumah-saja-e288BV9d68.jpg Ilustrasi aktivitas seru bareng anak di rumah saja selama PPKM Darurat. (Foto: Tirachardz/Freepik)

DIPERPANJANGNYA Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat mungkin membuat sebagian anak bosan. Akan tetapi, ini sebenarnya golden time bagi orangtua untuk bermain bersama anak guna menjaga kesehatan mentalnya. Pasalnya, sebagian orangtua bekerja dari rumah selama PPKM Darurat.

Psikolog Fathya Artha Utami MSc MPsi pun memberikan rekomendasi berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan orangtua bareng anak selama di rumah saja dan dapat menjaga kesehatan mental. Sebab, kebahagiaan anak tentunya akan menjadi kebahagiaan orangtua.

Baca juga: Hari Anak Nasional, Kesehatan Mental Anak Bergantung Kebahagiaan Orangtua 

"Orangtua yang bahagia itu yang bisa mengelola emosinya. Karena bahagia enggak statis, enggak melulu enjoy. Kemudian orangtua yang bahagia juga bisa jadi pelatih anak menghadapi situasi saat ini," jelas Fathya dalam webinar Hari Anak Nasional, Kamis (22/7/2021).

Untuk bermain bersama anak, lanjut dia, tidak melulu membelikannya mainan mahal. Semua bergantung kreativitas orangtua. Sebab pada dasarnya, di rumah sudah ada berbagai alat rumah tangga yang bisa dimanfaatkan menjadi mainan.

Ilustrasi aktivitas seru bareng anak di rumah saja selama PPKM Darurat. (Foto: Freepik)

"Sebenarnya bermain apa pun selama sama orangtua, anak akan enjoy. Kesehatan mental anak adalah mengenai apa yang anak butuhkan dari orangtuanya. Kalau kebutuhannya terpenuhi, anak akan bahagia," tuturnya.

Fathya pun memberikan contoh, orangtua bisa menggunakan alat masak untuk mengubahnya menjadi permainan drum band. Atau, orangtua bisa bermain air dengan si kecil. Karena seperti diketahui, anak kecil sangat suka bermain air.

Baca juga: Pandemi Belum Berakhir, Menteri Bintang: Lindungi dan Penuhilah Hak Anak 

"Bisa pakai alat masak untuk main drum, atau main air. Kalau anak sudah besar, bisa masak bareng, bikin kue bareng, nyiapin sarapan bareng, kemudian ngerapihin mainan bareng. Ini bagus buat membangun bonding," ungkapnya.

Dengan memanfaatkan waktu luang karena adanya PPKM Darurat, orangtua pun bisa menjalin hubungan dengan anak yang lebih baik. Dengan bonding yang kuat, sang anak pun akan lebih terbuka dengan orangtua karena dirinya sudah merasa nyaman.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini