Makan Soto Kikil di Dekat Gedung Stovia

MNC Media, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 298 2444820 makan-soto-kikil-di-dekat-gedung-stovia-zylB31IJqN.jpg

HALO semua! Balik lagi di Podcast Jajan Sejarah bareng Dua Farid! Pada obrolan ini, kedua cowok pecinta kuliner ini akan kembali mengajak kamu jalan-jalan mencari tempat bersejarah dan tempat makanan enak di sekitar Jakarta.

Tujuan kali ini adalah daerah sekitar Gedung Stovia, sekolah kedokteran pada zaman Belanda! Mau tahu akan seperti apa keseruannya? Langsung segera simak di RCTI+ yuk!

Sekolah kedokteran di Indonesia kini memang sudah banyak tersebar di berbagai daerah. Tapi jauh sebelum itu, cikal bakal sekolah dokter di tanah air berawal dari sini, Stovia (School tot Opleiding van Indische Artsen) yang berada di daerah Senen.

Gedung yang kini sudah menjadi Museum Kebangkitan Nasional masih kokoh berdiri dan tidak banyak berubah. Pun di sekitarnya ada sebuah tempat makan yang sayang banget kalau nggak dicoba, yaitu Soto Kaki Kikil Pak Wangsa!

Podcast

Farid mengatakan kalau warung soto yang telah ada sejak 20 tahun yang lalu ini hanya buka di hari senin sampai sabtu, dan di sore hari. Jadi, hidangan ini memang biasanya untuk makan malam. Tentunya isi dari sotonya seperti kaki sapi, kikil, kentang, tomat, dan beberapa pelengkap lainnya. “Tapi ini dia kuahnya kuah santan, bukan kuah bening, ini yang membuat gue lebih suka,” ucap Farid.

Kita juga bisa melengkapi sotonya dengan emping, acar, atau sambal yang tersedia di meja. “Nah sambelnya dia agak sedikit beda, warna merahnya tuh agak gelap, enggak kayak warna sambel soto pada biasanya,” ujar Farid. Untuk satu porsinya pun harganya terjangkau, sekitar Rp20-Rp25 ribuan saja.

Mau tahu gimana kelanjutan cerita mereka? Dengarkan selengkapnya hanya di Podcast Jajan Sejarah eksklusif di RCTI+.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini