Ternyata Ini Manfaat Baik Tiup Lilin ketika Anak Ulang Tahun

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 612 2444775 ternyata-ini-manfaat-baik-tiup-lilin-ketika-anak-ulang-tahun-XZcv3oLeyA.jpg Ilustrasi. (Foto: moneycrasher)

ULANG tahun identik dengan tiup lilin dan potong kue. Siapa sangka merayakan ulang tahun seperti itu sangat bermanfaat untuk anak loh.

Walau terkesan biasa, diakui para ahli, tiup lilin ternyata membawa dampak positif untuk anak. Pada akhirnya berpengaruh terhadap perkembangan si kecil.

Dituturkan Psikolog Ayoe Sutomo, jika anak merayakan ulang tahun dengan tiup lilin dan potong kue, membuat mereka merasa istimewa. Selain itu, anak juga merasa mendapatkan perhatian dan perasaan disayang.

 Anak

"Perasaan seperti ini penting bagi anak. Karena merupakan bagian fundamental, yang memengaruhi bagaimana anak memandang dirinya dalam relasinya dengan lingkungan sekitar, baik ketika mereka masih bertumbuh hingga ketika dewasa nanti,” katanya.

Ditambahkan Riki Kono dari DORÉ, merayakan ulang tahun mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. Tapi tidak bagi anak-anak yang kurang beruntung.

Seperti mereka yang tinggal di Rumah Faye. Beberapa dari mereka sudah lupa kapan terakhir kali meniup lilin ulang tahun dan make-a-wish.

Beberapa dari mereka bahkan tidak tahu kapan mereka lahir. Padahal merayakan ulang tahun juga bisa menciptakan memori indah untuknya.

“Tak sekadar momen perayaan saja, pesta ulang tahun, tiup lilin dan make-a-wish memiliki makna tersendiri bagi anak-anak," tuturnya.

Dia menjelaskan, make-a-wish representasi dari harapan dan masa depan yang lebih baik. Makanya momen indah perayaan ulang tahun ini tak boleh dilewatkan oleh anak agar mereka tetap bahagia dan tidak mengalami gangguan tumbuh kembang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini