Yuk Buat Kreasi Kaktus 3D Bersama Anak di Masa Pandemi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 612 2444834 yuk-buat-kreasi-kaktus-3d-bersama-anak-di-masa-pandemi-ohhau3mTQn.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MUMPUNG Hari Anak Nasional, orangtua di rumah bisa mengajak anak untuk libur gadget. Lantas apa sih kegiatan menarik untuk si kecil yang tak membosankan?

Ada begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan anak tanpa main gadget. Dari mulai mengasah kreativitas, bergerak aktif, hingga akhirnya bisa memperbanyak komunikasi dengan orangtua.

Okezone akan mengulas beberapa kegiatan yang bisa dilakukan si kecil selama libur main gadget. Berikut ulasannya, ditulis Jumat (23/7/2021).

Bikin hasta karya

 kaktus 3d

Amanda Siregar dari Rumah Autis menuturkan orangtua bisa mengajak anak untuk mengasah kreativitas. Yakni dengan membuat origami, menggambar dan menempelnya.

"Kebanyakan keterampilan origami ini bikin anak kreatif dan mengalihkan gadgetnya, ini juga bagus untuk motorik anak," ujarnya saat webinar Hari Anak Nasional 2021, Jumat (23/7/2021).

Yuk coba deh bikin hasta karya pot kaktus 3D seperti berikut.

Bahan:

Lem stik

Double tape

Gunting

Spidol hitam

Kertas hvs

Kertas karton

Kertas origami

Cara membuat:

1. Siapkan kertas karton pink. Lalu kertas origami pilihan 6 warna, merah kining, hijau, hijau tua, dobel tape, lem stik spidol dan gunting.

2. Kertas origami kuning, dilipat kebalik untuk bikin pot, kita buat gambar seperti pot. Lalu digunting, setelah dibuka jadi pot, jika sudah ditempel ke kertas karton pink.

3. Ambil origami merah, lipat lagi, kita bentuk love setengahbseperti tanda tanya. Jika sudah, digunting. Lalu diberi lem stik, dilem di tengah pot.

4. Ada sisa origami merah, bisa dibuat bunga. Potong bagian sisa, lipat kembali lalu digambar. Gambar bunga seperti huruf W, lalu potong dan digunting jadi 2 bunga. Diberi lem stik dan ditempel di bagian merah, di tengahnya, akan menjadi bunga, tunggu kering.

5. Origami hijau tua dan hijau muda, lipat bagian pertama, lalu bagian kedua, lalu bagian ketiga lipat lagi. Lalu kita spidol seperti letter U atau V  lalu gunting, terbagi menjadi 4. Bagian sisi belakang diberi lem stik, dilingkari lalu tempel setengah aja.

Lalu bagian yang belum dilem, dilem lagi ya, tempel lagi. Tebentuk warna 3D. Lalu tempel lagi diberi lem stik lembali, tempel di bagian tengah.

6. Laktus ke-2 dan ke-3,, bentuk lagi seperti tadi dengan origami hijau muda. Terbagi 4  dengan lem stik, lalu kertas kedua tempelkan, lalu kita lem stik kembali. Tempelkan di kertasnya membenruk sepetti kaktus. Tempel ke kertas karton utama.

7. Agar menjadi sepeti kaktus bikin duri di setiap sisi bagian kaktus pakai spidol seperti v kebalik. Setelah itu, bunganya ditempel di kertas origami.

Tips: Warna cerah bagus membangun motorik anak, daya ingat, kreativitasnya. Tentu setiap warna kontras dan harus berbeda-beda.

Melakukan pekerjaan rumah

Andam Dewi dari Herbalife Nutrition Indonesia mengatakan, sebetulnya tidak sulit mengajak anak bergerak. Orangtua juga bisa loh.

"Cari aktvitas mau gerak di rumah, anak-anak suka suasana ceria jadi bs dipilihkan kayak senam," katanya.

Kemudian, anak juga bisa membantu orangtua agar mau gerak. Misalnya jalan keliling rumah, menyapu, pel, skipping di rumah atau bahkan menanam.

"Anak bisa bantu orangtua yaitu menanam dan ini mudah. Anak-anak suka kalau melakukan ini. Karena lihat tanamannya tumbuh jadi suka," imbuhnya.

Ajak anak dance

Coach Shylvia atau disapa Sisil menuturkan, agar anak enggak malas-malasan bisa diajak dance pakai lagu favorit. Jadi gadgetnya bisa dipakai cari lagu.

"Misal dance baby shark, atau kalau suka lagu Kpop ya boleh. Ajak anak untuk eksperimen dan bermain bersama agar mau gerak di rumah," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini