Rayakan Hari Anak Nasional, Ini 4 Aktivitas Kreatif Bersama Si Buah Hati

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 612 2444880 rayakan-hari-anak-nasional-ini-4-aktivitas-kreatif-bersama-si-buah-hati-dg8SIDPPby.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TANGGAL 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Sebagai salah satu upaya memenuhi hak bermain, yang mana menjadi salah satu hak dasar dari anak-anak.

Meski masih dirayakan dalam situasi pandemi, tapi bukan berarti perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tahun ini di rumah tak bisa meriah. Ada beberapa aktivitas seru dan kreatif yang bisa orangtua lakukan bersama anak-anak di rumah, yang tak hanya menghibur tapi juga membantu meningkatkan kreativitas anak.

Ajak anak berpetualang

Tak perlu keluar rumah, menciptakan suasana petualangan yang seru juga bisa dilakukan di rumah. Contoh sederhananya, bisa ajak anak untuk bermain berburu harta karun, permainan tebak-tebakan atau ajak ajak menonton film animasi musikal. Kegiatan berpetualang yang fun tapi juga mendidik.

Anak-Anak

Masak bareng anak

Sebelum makan bersama, Anda bisa meluangkan waktu untuk memasak bersama yang juga merupakan kegiatan menarik di rumah. Sesi masak bareng bersama anak ini bisa mengajarkan banyak hal kepada anak-anak loh!

Mulai dari melatih kesabaran, kolaborasi, dan juga pengetahuan mengenai nutrisi sehat yang dibutuhkan agar bisa tumbuh jadi anak sehat dan kuat. Ajak anak-anak ke dapur dan libatkan mereka dalam mengkreasikan ulang makanan dan kudapan manis.

Asah kreativitas

Ajak anak-anak untuk mengasah kreativitasnya, lewat aktivitas yang menyenangkan bagi anak-anak, contohnya menggambar. Ketika menggambar, jangan dikte anak tapi bebaskan anak untuk bebas berkreasi dengan menggambar apa saja. Apakah itu mainan favorit, tokoh karakter film atau serial kesukaan, dan lain-lain.

Nonton bareng

Selama di rumah, orang tua dan anak juga bisa menghabiskan waktu bersama dengan nonton bareng. Pilihlah film atau serial tayangan keluarga berkualitas yang ramah anak, menghibur sekaligus mempererat hubungan satu sama lain. Contohnya film bertemakan keluarga, hubungan manusia dengan hewan, atau film-film yang punya pesan edukatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini