Hari Anak Nasional, Masyarakat Diajak Nikmati Dunia Imajinasi hingga Kecerdasan Karya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 Juli 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 23 612 2445016 hari-anak-nasional-masyarakat-diajak-nikmati-dunia-imajinasi-hingga-kecerdasan-karya-UPekXAKidp.jpg Ilustrasi Hari Anak Nasional. (Foto: Jcomp/Freepik)

DALAM Puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2021, masyarakat diajak menikmati dunia imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan karya anak-anak Indonesia. Ini bisa dinikmati melalui persembahan karya lukis, puisi, musik, cerpen, dan komik oleh Forum Anak.

Selain berdialog dengan Forum Anak dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga bersama anak-anak juga menyanyikan lagu 'Pancasila Rumah Kita' dengan diiringi alat musik tradisional.

"Seperti angklung oleh anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tangerang," ungkap dia dalam keterangannya, Jumat (23/7/2021).

Baca juga: 50 Ribu Anak Terpapar Covid-19, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan Orangtua 

Anak-anak Indonesia juga menyampaikan 12 butir Suara Anak Indonesia (SAI) Tahun 2021, yakni:

1. Forum Anak bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat untuk menyosialisasikan serta mengoptimalkan pembuatan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara daring maupun luring.

2. Mengajak pemerintah dan masyarakat untuk mengoptimalkan edukasi, pengawasan, serta penyebaran Informasi Layak Anak (ILA).

3. Meminta pemerintah, masyarakat, dan keluarga memberi ruang berpendapat kepada anak dalam segala aspek, mempertimbangkan, serta merealisasikannya.

4. Mengajak pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan edukasi, pengawasan, serta mengoptimalkan implementasi dari revisi UU Perkawinan Anak di seluruh Indonesia.

5. Mengajak pemerintah, masyarakat, serta keluarga untuk memerhatikan kesehatan mental dan fisik anak.

6. Forum Anak, pemerintah, dan masyarakat bersinergi untuk mengoptimalkan edukasi, pengawasan, serta implementasi pola asuh anak yang benar kepada orangtua.

Baca juga: Rayakan Hari Anak Nasional, Ini 4 Aktivitas Kreatif Bersama Si Buah Hati 

7. Memohon kepada pemerintah untuk mempertegas aturan jual beli rokok dan memperketat peraturan terkait Iklan, Promosi, dan Sponsor Rokok (IPSR) di seluruh wilayah Indonesia.

8. Forum Anak bekerja sama dengan pemerintah melakukan edukasi dan memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi seluruh anak Indonesia.

9. Meminta pemerintah mengoptimalkan pemerataan sarana dan prasarana pendidikan di seluruh Indonesia serta memerhatikan kesiapan sekolah di masa pandemi covid-19 untuk mengurangi angka anak putus sekolah.

10. Meminta pemerintah mengadakan dan memaksimalkan pengelolaan Pusat Kreativitas Anak (PKA) sebagai tempat mengasah minat dan bakat anak di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga: Pesan Megawati: Anak Indonesia Harus Bangga dengan Jati Diri Bangsa 

11. Mengajak pemerintah, masyarakat, dan keluarga untuk mengoptimalkan penyebaran edukasi, menolak tindakan kekerasan, juga mempertegas sanksi bagi pelaku eksploitasi dan kekerasan terhadap anak.

12. Mengajak pemerintah untuk gencar melakukan komunikasi, informasi, dan edukasi kepada keluarga, masyarakat, serta memperhatikan perlindungan dan pemenuhan hak tumbuh kembang Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2021 merupakan momentum bersatunya seluruh komponen bangsa Indonesia untuk penuhi hak dan lindungi anak, agar anak semangat belajar dan gembira meski di tengah pandemi covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini