Baca! Ini Tips Mendapat Obat Gratis bagi Pasien Isolasi Mandiri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 481 2445401 baca-ini-tips-mendapat-obat-gratis-bagi-pasien-isolasi-mandiri-08gHCEW5tx.jpg Isolasi mandiri (Foto: Unsplash)

SAAT ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes), bekerjasama dengan 11 platform telemedicine dalam upaya memberikan pelayanan yang tepat kepada pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau tidak bergejala yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Layanan tersebut meliputi pemberian jasa konsultasi dan pengiriman obat gratis yang saat ini sudah mengjangkau Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek).

Tujuan layanan gratis ini bakal mempermudah pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri untuk tetap terkontrol tanpa harus berkunjung ke rumah sakit.

 pasien isolasi mandiri

Pasien yang melakukan konsultasi dengan layanan ini juga akan mendapatkan salah satu dari 2 paket obat yang ditanggung Kemenkes yakni Paket A (Orang Tanpa Gejala) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari.

Sementara paket B (bergejala ringan) berupa multivitamin C, D, E, Zinc sebanyak 10 butir konsumsi satu kali sehari, Azithromisin 500mg sebanyak 5 butir konsumsi sehari sekali, Oseltamivir 75mg sebanyak 14 butir konsumsi dua kali sehari dan parasetamol tab 500 mg sebanyak 10 butir (apabila dibutuhkan).

Merangkum dari laman Instagram Satgas Penangangan Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku @satgasperubahanperilaku, sebanyak 11 platform telemedicine yang bekerjasama dengan Kemenkes diantaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell.

Simak, berikut cara mendapatkan obat Covid-19 gratis.

1. Pasien melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab antigen.

2. Jika hasil positif Covid-19, akan menerima WhatsApp dari Kemenkes RI secara otomatis.

3. Lakukan konsultasi online dengan dokter secara gratis.

4. Masukkan kode voucher di aplikasi yang dipilih.

5. Informasikan bahwa Anda adalah pasien program Kemenkes.

6. Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi.

7. Apabila dinyatakan bisa melakukan isoman, obat dapat ditebus secara gratis.

8. Kirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma.

9. Kirimkan resep digital (PDF atau screen capture) KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma.

10. Obat dan atau vitamin dikirimkan menggunakan jasa pengiriman.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini