Viral Daun Talas Jadi Komoditi Ekspor, Ini Berbagai Khasiat Kesehatannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 24 Juli 2021 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 612 2445244 viral-daun-talas-jadi-komoditi-ekspor-ini-berbagai-khasiat-kesehatannya-t1T3T112en.jpg Daun talas (Foto: Pixabay)

SELAMA ini sebagian orang mengabaikan daun talas, dan hanya memanfaatkan umbinya saja. Tapi tahukah Anda, bahwa daun talas juga punya banyak manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari akun TikTok @ratutalasindonesia2021, menjelaskan tentang manfaat dan kandungan gizi yang ada di dalam setiap helai daun talas.

 daun talas

"Ini ya gaes. Beberapa kandungan dalam daun talas," tulis akun tersebut.

Daun talas sendiri ternyata sudah menjadi favorit sebagai barang ekspor ke beberapa negara. Hal ini dikarenakan daun talas mempunyai khasiat kesehatan yang cukup baik.

Saking banyaknya permintaan mengekspor daun talas, sebagian eksportir dari Indonesia mengaku kewalahan memenuhi pesanan pelanggannya. Salah satunya pemilik akun TikTok tersebut.

Terdapat slide yang memperlihatkan tabel, di mana di dalamnya tertulis sejumlah kandungan yang ada di dalam daun talas dan baik untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Health Line, satu porsi daun talas atau 145 gram menyediakan beberapa jumlah kandungan berikut ini;

kalori: 35

Karbohidrat: 6 gram

Protein: 4 gram

Lemak: kurang dari 1 gram

Serat: 3 gram

Vitamin C: 57 persen dari Nilai Harian (DV)

Vitamin A: 34 persen dari DV

Kalium: 14 persen dari DV

Folat: 17 persen dari DV

Kalsium: 13 persen dari DV

Besi: 10 persen dari DV

Magnesium: 7 persen dari DV

Fosfor: 6 persen dari DV

Makanan yang mengandung antioksidan tingkat tinggi dapat membantu mengurangi molekul berbahaya yang disebut radikal bebas.

Radikal bebas, bila dibiarkan tidak terkendali, dapat memicu peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai kondisi, seperti kanker, gangguan autoimun, dan penyakit jantung.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini