Berikut Daftar Pertanyaan yang Tidak Pantas untuk Ditanyakan, Simak Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Sabtu 24 Juli 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 24 612 2445395 berikut-daftar-pertanyaan-yang-tidak-pantas-untuk-ditanyakan-simak-yuk-61wm2Uxv5F.jpg Sedang mengobrol (Foto: Women who hope)

ANDA mungkin pernah mendapatkan pertanyaan yang tidak mengenakkan hati. Tentu tidak mudah menanggapi hal ini.

Mungkin mereka menanyakan hal tersebut tanpa menyadari dampaknya. Mereka tidak mempelajari dengan baik etika yang benar, atau bahkan mereka melakukan secara sengaja.

Seperti dilansir dari The Spruce, berikut sejumlah daftar pertanyaan yang tidak boleh Anda tanyakan kepada seseorang karena dianggap tidak pantas. Apa saja?

 mengobrol

1. Berapa banyak penghasilanmu?

Pertanyaan ini cukup umum, tapi dianggap tidak sopan untuk ditanyakan. Jika Anda mendapat pertanyaan seperti ini, Anda bisa menanggapi dengan mengatakan bahwa Anda tidak pernah membicarakan penghasilan dengan siapapun kecuali pasangan Anda. Anda juga bisa mengatakan cukuplah untuk membayar tagihan dan bersenang-senang.

2. Berapakah umurmu?

Beberapa orang mungkin tidak keberatan menyebutkan usia mereka. Tapi, seringkali ada yang tersinggung. Jangan menanyakan usia seseorang, kecuali Anda berada di bidang medis dan perlu tahu karena alasan kesehatan, atau Anda menjual produk yang mengharuskan pembeli berusia di atas tertentu.

3. Berapa uang yang Anda keluarkan untuk membeli rumah itu?

Lagi dan lagi ini adalah pertanyaan mengenai uang yang tidak perlu dijawab. Namun, jika Anda ingin menanggapi, Anda mungkin menjawab dengan, "Saya membayar sesuai harga pasar."

4. Apakah kamu masih lajang?

Jika Anda masih lajang, beri tahu orang tersebut bahwa Anda belum menemukan seseorang yang pas dengan Anda. Tetapi jika Anda sudah menjalin hubungan cinta dengan seseorang, sampaikan saja dengan jawaban yang singkat. Lalu, ubah topik pembicaraan setelahnya.

5. Apakah Anda sedang diet?

Saat seseorang mengomentari perubahan tubuh Anda, tersenyumlah dan katakan, "Saya merasa bahagia dan bersyukur. Bagaimana dengan kamu?" Itu akan membuat mereka paham bahwa Anda tidak ingin membahas hal ini.

6. Kapan bayi Anda lahir?

Jika Anda memang sedang hamil, katakan saja perkiraan dokter tentang waktu persalinanmu. Tetapi, kadang hal ini dijadikan pertanyaan yang mengejek oleh orang usil kepada orang yang ingin mengejek karena berat badanmu naik.

7. Kapan menikah?

Jika teman dekat atau kerabat bertanya akan hal ini, Anda bisa menjawab dengan jujur kondisi Anda saat ini yang belum menemukan pasangan yang pas untuk menikah. Jika mereka tak paham, maka Anda boleh menegur mereka jika pertanyaan mereka membuatmu stres.

Namun, jika penanya hanyalah orang-orang yang usil, Anda tidak usah menanggapi. Ubahlah topik pembicaraan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini