Tips Kulineran di Tengah Pandemi ala Kemenkes

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 298 2445660 tips-kulineran-di-tengah-pandemi-ala-kemenkes-5f2zCOPW52.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERBURU kuliner mungkin sulit dilakukan di masa PPKM kali ini. Cara yang paling mungkin dilakukan mungkin dengan menggunakan jasa ojek online.

Akan tetapi, bukan berarti kita bisa sembarangan memesan makanan. Pasalnya, pemilihan makanan yang tidak tepat bisa berujung pada timbulnya penyakit di tubuh.

Karenanya, ada poin-poin tertentu yang harus Anda perhatikan supaya tetap sehat walaupun hobi kulineran. Mengutip akun Instagram @p2ptmkemenkesri, Minggu (25/7/2021), berikut tips kuliner sehat guna menjaga diri dari berbagai penyakit.

Kuliner

Memilih jenis makanan yang sehat

Pemilihan jenis makanan merupakan poin pertama yang harus diperhatikan. Perhatikan kandungan gizi setiap makanan sebelum menyantapnya.

Perhatikan jumlah kalori

Saat kulineran, Anda tentunya tidak ingin menyesal akibat berat badan yang bertambah bukan? Karenanya, memerhatikan jumlah kalori dalam sebuah makanan penting dilakukan. Pastikan makanan yang Anda santap tidak melebihi batas kalori harian Anda.

Pilih menu yang banyak sayur dan buah

Seperti yang kita ketahui, buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain dapat mengenyangkan perut Anda, makanan ini juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Hindari perut kosong

Jangan kulineran saat perut kosong. Karena rasa lapar yang berlebih dapat membuat Anda tidak bisa mengontrol porsi makanan yang masuk ke tubuh Anda. Akibatnya, Anda jadi makanan berlebihan tanpa sadar.

Lakukan aktivitas fisik

Jika porsi makanan yang disantap terlanjur banyak, ingatlah untuk membakar kalori setelahnya dengan melakukan aktivitas fisik. Ingatlah bahwa kebutuhan maksimal orang per hari adalah setara 4 sdm gula, 1 sdt garam, dan 5 sdm lemak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini