Beautypedia: Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 21:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 611 2445806 beautypedia-cara-mudah-merawat-rambut-di-rumah-FXJbJNZSDZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS pandemi Covid-19 yang melonjak belakangan ini membuat orang-orang takut untuk pergi ke salon. Akan tetapi, di satu sisi mereka ingin rambutnya tetap sehat dan kece.

Solusinya, Anda bisa merawat rambut sendiri di rumah tanpa harus ke salon. Mengutip akun Instagram @moir.salon pada Minggu (25/7/2021), berikut 5 cara mudah merawat rambut di rumah.

Keramas menggunakan air dingin

Keramas menggunakan air dingin ternyata ampuh mencegah rambut rontok. Selain itu, air dingin juga mampu memperlancar peredaran darah di kepalamu. Tidak hanya itu, air dingin bisa menguatkan akar rambut dan menjaga agar rambutmu tetap sehat, berkilau, dan terasa lembut.

Rambut

Menyisir rambut dengan benar

Meski terdengar sepele, cara yang benar menyisir rambut adalah dari bagian ujung rambut terlebih dahulu. Sebab, jika Anda menyisir rambut dari atas akan menjadikan rambutmu rontok, kusut, dan patah.

Anda juga harus menghindari penggunaan sisir berbahan plastik karena sisir tersebut akan menghantarkan listrik statis dan membuat rambut Anda cepat rusak. Selain itu, sehabis keramas hindarilah menyisir rambut saat masih basah karena akan membuat rambut rontok dan kusut.

Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai

Ada baiknya Anda mengetahui permasalahan rambut yang dimiliki. Apakah itu rambut kering, rontok, berketombe, berminyak, sulit diatur, atau masalah rambut lainnya.

Jika sudah mengetahui permasalahan rambut yang Anda miliki, Anda akan lebih mudah untuk menentukan produk perawatan rambut dengan melihat label kemasannya terlebih dahulu. Dengan menggunakan produk yang tepat, niscaya permasalahan rambut Anda berangsur-angsur akan membaik.

Mengonsumsi vitamin D

Sebagian besar orang mengetahui bahwa vitamin D adalah sumber kalsium dan tidak ada hubungannya dengan rambut. Padahal sebenarnya, rambut Anda juga membutuhkan kalsium untuk merawat kesehatannya.

Apabila tubuh Anda kekurangan kalsium, maka hal ini akan memengaruhi kekuatan akar rambut. Jadi, penuhi asupan vitamin D untuk tubuh Anda seperti yang terkandung dalam minyak ikan kod, ikan laut, telur, susu kedelai, hati sapi, jamur, dan yang lainnya.

Menggunakan masker rambut alami

Masker rambut alami akan memberikan asupan nutrisi yang baik untuk rambut Anda. Kandungan alaminya tidak akan memberikan efek samping pada rambut Anda seperti mudah rontok dan rapuh. Anda bisa menggunakan masker rambut alami seperti lidah buaya, alpukat, cuka apel, minyak almond, dan sebagainya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini