Beautypedia, Ini 5 Penyebab Utama Munculnya Ketombe di Kepala

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 611 2446114 beautypedia-ini-5-penyebab-utama-munculnya-ketombe-di-kepala-niJoq3j7LO.jpg Ilustrasi muncul ketombe di kulit kepala. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

KETOMBE adalah kondisi kulit pada kulit kepala yang menyebabkan iritasi dan serpihan. Ketombe dapat membuat kepala terasa gatal dan menimbulkan rambut rontok, bahkan terkadang menimbulkan jerawat di sekitar wajah.

Meski terdengar menjengkelkan, sebenarnya ketombe merupakan masalah umum yang banyak terjadi. Ada beberapa penyebab utama seseorang mengalami masalah ketombe di kulit kepala.

Dikutip dari laman Feminaindia, Senin (26/7/2021), berikut beberapa penyebab umum yang membuat seseorang dapat mengalami ketombe.

Baca juga: Ternyata Ketombe Bisa Sebabkan Anda Jerawat Juga Loh 

1. Kulit kepala berminyak

Jika Anda memiliki kulit kepala berminyak, mungkin akan lebih sering mengalami ketombe jika tidak merawat rambut dengan benar. Produksi minyak berlebih pada kulit kepala merupakan tempat berkembang biaknya ketombe karena sifat berminyak mendorong pertumbuhan ragi yang merupakan bakteri penyebab ketombe penyebab infeksi jamur.

Ketombe. (Foto: Boldsky)

2. Usia

Ya, usia bisa menjadi faktor penyebab ketombe. Jika Anda melihat orang berusia antara 16 hingga 25 tahun mengalami ketombe lebih sering dan terus berulang. Itu karena selama kelompok usia ini kelenjar sebaceous berada di puncak aktivitas.

Kelenjar di kulit kepala terus-menerus menghasilkan minyak dan antara kelompok usia ini produksi sebum dipercepat. Oleh karena itu, ketombe lebih membandel dan kemungkinan akan muncul kembali.

Baca juga: Beautypedia, 5 Cara Efektif Hilangkan Ketombe dengan Bahan Alami 

3. Kulit kering

Keramas yang berlebihan dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala, sehingga menyebabkan lebih banyak kekeringan, gatal, dan serpihan. Jika Anda memiliki kondisi kulit kepala kering, mungkin sudah mengalami pengelupasan dan gatal-gatal di area tertentu.

4. Jadwal keramas yang tidak teratur

Jika Anda sering menunda keramas, maka akan mengalami ketombe. Jika tidak keramas secara teratur, kesehatan kulit kepala Anda dalam bahaya. Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, maka harus mencuci rambut setidaknya dua kali seminggu atau bahkan tiga kali jika perlu.

Jika Anda tidak membersihkan kulit kepala dan rambut secara teratur, bisa menyebabkan penumpukan sel kulit mati dan penumpukan minyak yang merupakan kondisi yang tepat untuk munculnya ketombe membandel.

Baca juga: Minyak Zaitun Ternyata Ampuh Obati Ketombe, Simak Cara Pakainya 

5. Olahraga

Jika Anda menjalani olahraga yang ketat dalam jangka waktu lama, pasti rentan terhadap keringat. Kulit kepala yang berkeringat adalah tempat ketombe tumbuh subur.

Ini karena produksi minyak yang terakumulasi di kulit kepala terlalu banyak saat berolahraga. Oleh karena itu, penting mencuci rambut setelah sesi olahraga berat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini