4 Tips Meningkatkan Kekebalan Tubuh Usai Sembuh dari Covid-19

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 17:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 612 2446259 4-tips-meningkatkan-kekebalan-tubuh-usai-sembuh-dari-covid-19-NRvvBDWQkA.jpg Makan sehat (Foto: Pixabay)

GUNA mendapatkan kekebalan tubuh yang baik setelah terjangkit Covid-19 tergantung pada beberapa aspek. Tidak ada formula pasti untuk memastikan kekebalan karena setiap tubuh cenderung merespons patogen dengan caranya sendiri.

Ada juga kasus riwayat medis individu yang ikut bermain. Tetapi, para ahli medis berpendapat bahwa ada beberapa aturan yang harus diikuti seseorang untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat sembuh dari Covid-19.

 minum vitamin

1. Minum Vitamin dan Suplemen

Penting untuk mengonsumsi vitamin dan mineral untuk mencegah kekurangan nutrisi. Vitamin dan mineral memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga memberikan banyak manfaat kesehatan seperti tulang yang lebih kuat, otak yang lebih baik, kesehatan jantung, serta mempercepat pemulihan Anda dan juga mencegah dan melawan penyakit dan patogen.

2. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Berada di masa pemulihan setelah sembuh dari Covid-19 membuat Anda harus mempertimbangkan makanan seimbang yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan seperti protein, vitamin, mineral, karbohidrat, dan lemak.

Penting juga untuk meningkatkan asupan protein Anda karena tidak ada yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat dan pemulihan otot seperti halnya protein. Ini juga merupakan blok pembangun antibodi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi.

3. Tidur Nyenyak dan Rutin

Sangat penting untuk mendapatkan setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur terus menerus setiap malam. Kekurangan tidur diketahui menghambat berfungsinya sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Kurang tidur juga akan memperlambat jalan Anda menuju pemulihan dan juga bisa membuat Anda lesu dan kusam. Karena itu, pastikan tidak ada yang menghalangi tidur Anda untuk memulihkan diri lebih cepat dari virus.

4. Berolahraga

Anda harus melibatkan diri dalam berbagai aktivitas fisik saat memulihkan diri dari Covid-19. Berolahraga membantu tubuh meningkatkan antibodi dan sel darah putihnya, yang memainkan peran sentral dalam memperkuat sistem kekebalan dan mengekang patogen.

Anda dapat berkomitmen pada rutinitas kebugaran dasar seperti berjalan kaki dan juga berlatih meditasi dan yoga karena sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini