3 Tindakan Paling Tepat Dilakukan kala Marah

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 26 Juli 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 612 2446339 3-tindakan-paling-tepat-dilakukan-kala-marah-TMAy0Et2rt.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI masa Pandemi ini memang keadaan serba susah bagi sebagian besar orang. Keadaan ini pun membuat tekanan dan menyebabkan orang stres.

Akibatnya, banyak orang sering marah-marah hanya karena hal-hal yang mungkin dianggap masalah ringan. Memang emosi atau rasa marah cenderung mendatangkan hal negatif bahkan bisa berujung menyakiti orang lain.

Jika rasa marah ini bisa membuat Anda melakukan perilaku yang kurang baik, seperti menyerang seseorang atau berperilaku kasar tanpa disengaja, Anda mungkin perlu melakukan beberapa cara untuk mengontrol kemarahan. Dilansir dari Yourtango, berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah kemarahan dengan tepat:

Marah

Jangan salahkan orang lain

Orang cenderung menyalahkan orang lain karena kemarahan, kegelisahan atau perilaku mereka sendiri. Meskipun Anda mungkin tidak menyukai apa yang orang lain katakan atau lakukan, tapi yang menentukan adalah sikap diri sendiri.

Meskipun telah mencoba untuk menyalurkan kemarahan, itu tidak benar jika menyalurkannya ke orang lain karena perilaku Anda adalah hasil dari keputusan sendiri.

 

Lebih Baik Menghindar

Jika Anda dapat menemukan teknik dan cara berbicara dengan orang lain yang tidak sengaja membuat Anda kesal, lebih baik menghindari daripada menyalahkan mereka.

Hal ini akan membantu menghindari konfrontasi dan pada akhirnya membantu Anda belajar bagaimana menangani masalah kemarahan dengan lebih efektif sehingga Anda akan berhenti merasa sangat marah sepanjang waktu.

Hindari membuat keputusan

Waktu terburuk untuk mengatasi, memperbaiki, menyelesaikan, atau menangani apa yang terjadi adalah ketika sedang merasa kesal. Hindari membahas apa yang terjadi pada saat itu dengan segala cara, karena Anda cenderung tidak bisa berpikir jernih saat sedang marah. Beri diri Anda waktu untuk mencerna apa yang terjadi.

Awalnya, ketika Anda merasa marah atau sangat terluka setelah seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu, Anda merasakannya secara internal.

Itu otomatis dan tidak disengaja dan kadang-kadang terasa di luar kendali Anda. Setelah menyadari bahwa Anda memiliki reaksi internal yang kuat, Anda dapat memutuskan apa yang harus dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini